Cara Mengetahui Pasar Sudah Jenuh

Pasar sudah Jenuh Atau belum..?

Ibu Ester ini adalah ibu yang menginginkan anaknya sukses menjadi pengusaha, kelak dikemudian hari, usaha beliau untuk anaknya luar biasa

Sementara anaknya sebut boz Udin adalah ahli mbantah.. upppsss maksud saya ahli filosofi dan selalu punya argumen / fakta2 yang kuat. Hmmm…   masalahnya dia cuma satu..  knapa dia bertemu saya dan debat masalah bisnis..  Nah kena luuuu..

Ibu nya sudah mulai jengkel, setiap boz Udin ini disuruh bergerak action untuk usaha, selalu mogok di tengah jalan, maka dipanggilah saya untuk ketemu dengan boz Udin.

Udin :’ Om aku gak prefer buka usaha ini karena pasar sudah jenuh..!”
saya :’Ooo.. tahu nya jenuh dari mana..?”
Udin :’Banyak kompetitor bermunculan..”

Haaadeewwww, gini ya pasar jenuh itu kalau permintaan sudah tidak nambah tapi suplai nya tambah banyak makin hari tambah terus.. Maaf ya.. Para Dosen masih ada yang bingung dengan hal ini, dan saya maklum..

images

Contoh yang bisa kita lihat tanpa hitungan Statistik yang rumit adalah pada lelang / tender.. Tender yang fair lho ya… jangan tender yang abal abal.. misal tiap bulan pemkot surabaya butuh ATK dan di tenderkan, nilainya dari bulan ke bulan tetap 50 juta, namun peserta tender yang mula mula hanya 10 PT tambah lama tambah banyak, pesertanya menjadi 100 PT, maka pasar ATK untuk tender pemkot surabaya sudah jenuh..

Tapi apakah dengan banyaknya kompetitor, otomatis pasar menjadi jenuh..? belum tentu… Contoh Mobil listrik, ketika mobil listrik Merk A (lupa namanya ) dijual penjualannya 100 unit per bulan, tahun berikutnya meluncurlah mobil listrik dari pabrik B, dan penjualan dari pabrik B ini 150 unit per bulan..  lalu bagaimana dengan pabrik A..? ternyata penjualan pabrik A, malah bertambah naik menjadi 200 unit pet bulan..

Kog bisa..? iya bisa karena pasarnya masih bertumbuh, justru dengan dua pabrikan yang masuk pasar, maka sosialisasi mobil listrik makin gencar, iklanya tambah banyak, lebih banyak orang yang meng edukasi, makin banyak testimoni, konsumen makin banyak pilihan… dst dst…

saya :’Jadi mas Udin… kompetitor makin banyak belum tentu pasar jadi jenuh.. mas Andai lho yaa.. pasar sudah jenuh.. Jangan takut dan jangan bimbang.. ada kog cara ngatasinya…

Caranya bagaimana ?.. sudah doakan author solusibisnismu.wordpress.com sehat selalu..  jangan kuatir pasti di tulis next post..

Semoga tulidan saya ini membuat Anda Ter Inspirasi

Vdityv

