Sangkal Putung VS Bedah Orthopedi Pilih Mana ?

Saat mengetahui bahwa bahu patah, aku kebimbang, apakah ke sangkal putung atau ke bedah orthopedi

Ketakutan ke ortopedi karena
1.Tulang Tante ku (usia selisih 6 thn dari aku) pernah dibor, bukan platnya yg nempel ke tulang, yg terjadi justru tulang yang disekrup tersebut menjadi retak2, (mau pasang paku di bambu, tapi bambunya malah pecah, seperti itu gambaranya) otomatis sekrup oblak, akhirnya pemasangan plat dibatalkan, malah terjadi luka baru.
2.Bius total, bisa bikin mual2 dan memusingkan, disamping itu khawatir jantungku kerja berat soal gambaran EKG jantungku gak bagus amat, ujung2nya bisa sesak napas.
3. 1 tahun lagi operasi lagi untuk ambil platnya (kalo aku mati dikubur dgn plat, bisa2 digali orang nanti, platnya kan mahal)
4. Biaya besar sebab untuk 2 x oprasi, pasang plat dan cabut plat, tapi plat yang diambil bisa diloak, belum diambil saja skr sdh ada yg nawar.

Ketakutan ke sangkal putung
1.Sakit luar biasa krn tanpa pembiusan
2.Tulang nempelnya kurang kuat, krn hanya diikat eksternal sehingga untuk aktifitas dikit saja bisa terlepas lagi.
3.Apalagi umur 50 thn katanya sudah waktunya mulai buang kalsium, (klo masih muda bisa kumpulin kalsium gampang nempelnya)
4.Reposisi tulang tidak optimal bila
*ada geser beberapa centimeter
*ada seperpihan tulang, atau pecahannya banyak

Setelah aku foto jebret, ternyata tulangku patahannya serong 45 drajat, jadi ga vertikal yo ga horisontal, dan posisinya geser 5 cm antara ujung satu dengan ujung yang lain.

image

Kalo ke sangkal putung, perhitungan point ketakutan 1, 2, 3 dan 4 masuk semua.

Ya kalo begitu pilihan ke bedah ortho, tapi sebelumnya tak konsultasi dulu, minimal meberikan info ke dokter bedah dan dokter anestesi tetang kondisiku

Setelah konsultasi Beginilah kata dokter orthonya, di Indonesia jarang dilakukan pemeriksaan densiti tulang, tapi kalo laki2 kebanyakan tulangnya padat sehingga memungkinkan dibor tanpa retak2, lagi pula sekrupnya kecil dan tajam, wis.. aku jadi lega yang pertama

Lha dokter anestesinya bilang “Maaf mas adit, aku ora iso ndampingi terus menerus saat oprasi, tapi ojok kuatir, ada asistenku yang mana sudah kompak sama dokter orthonya, anestesi yang sekarang ini canggih, nggak kayak dulu, lagian hasil EKG menunjukkan jantungnya mas adit ora popo”. Wis.. jadi tambah lega yang kedua

Lha terus biayanya bagaimana..? Karena aku ini juga sebagai hrd bayangan dari 150 orang karyawan, maka aku harus bisa memberikan contoh kepada para karyawan. Maka aku putuskan diriku ini tak jadikan sebagai proyek percontohan (hmm nyut nyut). Lantas aku mengajukan asuransi BPJS yang tenaga kerja, alasan lakalantas pulang kerja.

Ternyata ditolak oleh RSI (Rmh Sakit Islam), waduu… Penjelasannya tahun ini BPJS tenaga kerja sudah tidak mengcover lagi, agar tidak tumpang tindih klaim, maka laka lantas dicover jasa raharja, nah bila dana dari jasa raharja kurang baru bisa dimintakan ke BPJS tenaga kerja, tapi bapak masuknya harus dari trauma center rs bhayangkara.. Haaa..?? Ah ini pasti staf RSI ngaco nih..
Ngaco, BPJS TK yg susah2 bikin program dimentahkan oleh staf RSI waduuu…

Ya sudah sampai disini aku ga mau ngurus lagi, Mau debat sama orang kayak gini ngabisin tenaga, mending tak tulis surat ke kepala RSI biar dipecat tau rasa, soale wis tambah cenut cenut, kalo aku sudah sembuh nanti tak urus ke kantor BPJS tenaga kerja jemursari ke  bp. pembina dan dr yg cantik bagian klaim, tdk lupa melaporkan staf RSI yang ngawur ini.
Penjelasan yang sedetail2 nya dari BPJS TK pasti nanti tak posting.

Sekarang aku urus saja yang asuransi jasa raharja, nah tapi aku kan ga bisa ngurus, karena sorenya pkl 18 wib sudah harus operasi, nah jadi tak kuasakan ke staf untuk mengurus jasa raharjanya, Menurut staf bisa keluar 10 juta, haa??apa ya benar ? tunggu hasilnya ya.. pasti tak posting.

Karena ada info bahwa dari asuransi jasa raharja bisa keluar 10juta, dan perkiraan biaya operasi 10juta maka klop sudah.. Wis.. jadi tambah lega untuk yang ketiga kalinya..

Dengan biaya segitu aku harus mencari rumah sakit klas b atau c, yaa gimana lagi.. Nah untuk mencari rmh sakit itu aku dibantu oleh PJRS (penyedia jasa rumah sakit dan dokter) nanti tak posting juga sabar ya..

Jadi begitulah… Pilih sangkal putung atau bedah ortopedi ? Terserah Anda.. Ada baiknya monggo di bau2 dulu sebelum dimakan.

Hasil operasinya bagaimana ?
Nanti yo bersambung..

Semoga tulisan ini membuat Anda TerInspirasi

By vdityv Posted in Bisnis