Manfaat POSITIONING Untuk Memperpanjang UMur JUALAN

Wis lama ga pernah nulis di Blog, begitu mau buka malah lali passwordx, setelah ingat passwordx, pas masuk, mau nulis, bingung menux, piye iki xi xi xi..

Jadi Ingat lagu jawa. Judulnya suwe ora anu. bagi yang ga bisa bahasa jawa
ingat-ingat ya.. Anu = minum Jamu, ora = tidak, suwe = lama, wis = sudah, pisan = sekali, ok ? ayo nyanyi yokk…

Suwe ora ketemu..
Ketemu ora suwe…
Wis suwe ora anu
Anu pisan kog ora suwe…

xi xi xi, percuma besar panjang, kalo anu ora suwe.. xi xi xi..

Tapi kalo panjang umur jualannya pasti mau dong, sebab semua itu pasti ada umurnya, atau istilah ekstrimnya semua itu PASTI MATI

contoh :
*umur kita dan makanan –> kan bisa mati dan bisa busuk ?
*TV hitam putih sdh mati, sekarang TV warna malah LED, krn perubahan teknologi
*PENIS-ilin obat sdh mati, sekarang obat Augmentin, krn bakterinya kebal.
*Celana Komprang (bagi yang ga pernah lihat ya udah) sdh mati, ganti celaNA baggy, krn ada perubahan trend

Jadi kalo Kita punya jualan sudah berumur >5 tahun, hati hati segera buat penggantinya, karena bisa saja produk jualan kita ini mati mendadak. apa karena trend, apa karena teknologi, apa karena pesaing, apa karena perubahan harga, dst, yang jelas pasti MATI..
Untuk itu perusahaan perusahaan selalu melakukan inovasi dengan mengeluarkan produk barunya :
*honda itu ga ada masalah dengan produk lamanya, tapi mengapa selalu saja meluncurkan produk barunya ?
*Pepsodent yang lama masih bagus, tapi mengapa dia mengeluarkan beberapa produk baru lainnya ?
Mengepa ? karena mereka sadar bahwa produk yang dia jual saat ini bisa MATI,
Ciri ciri produk mau mati bagaimana BRO ? lha itu aku juga bingung makanya ga ditulis dulu.. tunggu aja kalo aku sudah punya ide xi xi xi..

Nah masalahnya membuat gantinya itu susah banget, butuh waktu, butuh penelitian, butuh biaya dll, maka supaya bisa bikin baru tapi gampang ya gunakan positioning. kita kan bukan HOnda bukan Pepsodent. kita ini kan anak singkong, berasa anak harimau..? xi xi xi..

Contoh :
*Makanan gethuk (terbuat dari ketela), dulu di positionongkan untuk segala usia dan sarapan, Nah sekarang bikin positioning yang baru untuk anak-anak sebagai jajanan
barangnya persis sama, paling cuma kasih warna dan ukuran yang beda
*Pasta gigi adalah untuk gigi kuat tidak berlobang, lha terus sekarang dipositioningkan ke nafas biar segar.. barangnya sama bro.. ga ada beda.. paling cuma kartonnya doang, yaa.. kasih parfum dikit..
*Kopi itu untuk pekerja malam, Nah dibuatkan positioning yang baru untuk pelajar yang pingin ga tidur di kelas atau karyawan yang ga pingin tidur dikantor. barangnya ya sama bro.. kopi..

Intinya barangnya sama, jadi ga perlu riset, ga perlu biaya ini itu, tapi seolah olah kita punya produk baru, produk baru yang baru lahir yang usianya 0 tahun.. Nah itu semua berkat ganti positioningnya saja.

Jadi penjualan yang sudah mulai turun karena usia, teknologi atau apalah itu, bisa di dongkrak kembali dengan positioning yang baru.

Nah cara membuat positioning yang lengkap bagaimana Bro..? ya itu tanyakan saja sama Produk Manager, kalo dia dikasih Uang pasti dia mau jawab kog xi xi xi…

Semoga tulisan saya dapat meng Inspirasi Anda..

Advertisements