Agar Perusahaan Bisa Maju

saya ada dalam kurungan kutukan dalam berkarir,
saya mempunyai usaha bantal kesehatan namun sampai saat ini saya belum dapat menikmati hasilnya malah menambah hutang saya
Saya mohon bantu untuk pecahkan masalah saya ini…

Diambil dari comment : “Mengatasi Terbelit Hutang Sekaligus Mempercepat CASHFLOW”

Hmmm, siapa yang mendapat kutukan bapak..?, jangan menyalahkan diri sendiri, orang lain, apalagi TUHAN.. saya bukan Mario Teguh, tapi saya yakin Setanpun tidak akan bisa mengutuk bapak..

Untuk menyelesaikan masalah Anda dan hampir semua bisnis, bisa dipastikan menyangkut produk dan produksi, penjualan dan pemasaran ditambah dengan keuangan dan permodalan.

Saya mau tanya ?

Produk
1. Apakah produk bantal kesehatan adalah produk yang benar benar bermanfaat ?, apakah ada referensi, kesaksian, kajian klinis atau semacamnya ?
Anda harus tahu produk yang Anda jual, manfaat, cara pakai, untuk penyekit atau sasaran orang yang menggunakan produk Anda. kalau Anda tidak punya referensi tentu sulit meyakinkan orang

Pemasaran dan Penjualan
2. Apakah penjualan bantal dirasakan kurang banyak, berapa mestinya penjualan yang diingikan ? apakah sudah ada upaya rekayasa penjualan ? apakah sudah ada rekayasa pemasaran ?
3. Apakah punya pesaing ? apakah pesaing mencapai penjualan signifikan ?
Bila Anda menginginkan 20 orang membeli produk Anda, tentu orang yang Anda tawari produk Anda bisa lima kali lipatnya bukan ? bahkan mungkin lebih dari itu. ini berhubungan dengan nomer 1, jika Anda punya referensi yang kuat mungkin dari 2 orang yang Anda tawarkan produk Anda yang beli malah 5.
Rekayasa pemasaran seperti member get member, sebar brosur, Intinya makin banyak yang mengenal produk Anda makin banyak yang bisa Anda jual
Apasih yang dilakukan pesaing ? coba gali kekuatan Anda apa saja untuk mengalahkan strateginya.

Keuangan
3. Apakah sudah dihitung mengenai profit, margin profit, cashflow ? apakah sudah menemukan Titik BEP ? apakah sudah dihitung utang, piutang dan modal yang masih tersedia ?
Bila Anda tidak tahu profit yang Anda inginkan, tidak tahu BEPnya (baca tulisan saja di blog ini), maka bisa saja Anda jualan 1000 bantal sebulan masih saja rugi.
Anda tadi menyebut hutang ? coba selesaikan hutang, dan untuk pembiyayaan usaha Anda selanjutnya guanakan cara bekerja sama dengan pihak lain, agar tidak perlu hutang lagi (caranya sudah pernah saya tuliskan di blog ini)

Semoga tulisan saya membuat ANda ter Inspirasi..

Advertisements

One comment on “Agar Perusahaan Bisa Maju

  1. Saya mau bantu jawab

    Kenapa pruduk bantal kesehatan bapak belum bisa memberikan hasil yang maxsimal dan malah menambah hutang bapak?…

    Begini Pak,dalam berbisnis kita juga memerlukan kreatifitas dan jiwa yang kuat.Kreatifitas inilah yang akan membuat pruduk kita selalu unggul,misalnya kita seorang pedagang bakso dan di lingkungan kita juga banyak pedagang bakso…Bagaimana cara agar bakso kita tetap unggul?…mungkin kita bisa saja memodifikasi bentuk bakso seperti bentuk cinta atau bentuk animasi,dan cita rasa tentu menjadi preoritas.saya sering menemui makanan yang tampilannya menarik namun cita rasa tidak sebanding dengan penampilan.Kalau mengiklankan pruduk juga harus memperhintungkan sebelumnya,apalagi kalau sampai iklan yang kita buat besar2an dan gencar.Kualitas harus di preoritaskan,jangan sampai pembeli dari iklan besat2n kita itu membeli pruduk kita namun mereka kurang puas,sehingga ada efek jera dan pruduk kita akan terkenal dengan asumsi negativ.Seharusnya,perbaiki kualitas pruduk kita lalu iklankan.Sedangkan jiwa yang kuat adalah penopang dari kreatifitas kita,maskutnya seperti ini…misalnya kreatifitas kita gagal tetapi jiwa kita masih kuat sehingga tidak akan ada rasa jera,malu,menyerah dsb.Jiwa yang kuat inilah yang secara tidak langsung,akan mengciptakan banyak kreatifitas.

    Untuk pruduk bapak,cobalah jangan bersifat mainstrem…misalnya bantal kesehatan jaman sekarang bentuk cinta,jangan ikut2an membuat bantal bentuk cinta Juga.Lihatlah bagaimana fotensi sekarang ini,misal treand fashion atau mode kita ini,sekarang ini fashion kita dipengaruhi K-POP…coba buatlah bantal kesehatan dengan bentuk artis K-POP atau ada gambar artis K-POP.Atau mungkin buatlah yang tidak biasa,bantal kesehatan bergambar batik/kesenian/.tarian/alat musik indonesia.Sekarang ini banyak pruduk yang sama,namun penampilan,pemasaran,dan sedikit kreatifitas akan membuat unggul.Lihat saja keripik maicih yang katanya beromset 5 miliar perbulan.padahal Banyak keripik serupa,namun yang membedakan adalah kemasan yang lebih trendy,cinta rasa yang bermodifikasi,adanya level level semacam,dijual dengan mobil mewah dsb sehingga para kosumen tertarik dan karena rasanya enak dan kualitas memuaskan mereka akan ketagihan.Sedangkan untuk menejemen keuangan,antara keuangan pribadi jangan sampai bertabrakan dengan keuangan bisnis,misalnya keuangan pribadi kita melemah jangan pernah2 mengambil uang di keuangan bisnis kita…kalau dibayar sih,untung.coba kalau tidak,bisnis kita akan kacau.

    thx.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s