Mengatasi Terbelit Hutang Sekaligus Mempercepat CASHFLOW

Selamat siang. saya mengelola peternakan babi di wilayah bali, namuh tahun ini adalah tahun yang paling sulit. Bgmna tidak kakek saya dgn manajemen lamanya meninggalkan hutang sekitar 800juta. Akan tetapi jumlah ternak tidak sesuai. Untuk saat ini ada sekitar 800ekor mulai dari induk, anak baru lahir/kucit, sampai penggemukan.

Target untuk 1 thn ke depan haruskan membayar hutang sekitar 700juta. Jika jumlah ternak dipertahankan 800ekor, maka hutang pakan tidak bisa tertutupi.

Namun jika produksi dikurangi, maka peternakan ini tidak akan berjalan. Krn perputaran uang yg lambat. Dan diambang kebangkrutan.Sekedar informasi dari lahir sampai siap dijual , satu ekor babi membutuhkan waktu paling cepat 5 bulan.

Pertanyaan saya bagaimana solusi yg terbaik ? Sgla cara sdh kita lakukan termasuk efesiensi pengeluaran yg tdk perlu. Apakah peternakan ini masih ada harapan untuk berkembang ? Terimakasih banyak

RUMITTTTTTT SKALIIIIII

Jadi masalah saya bagi 2, yang ke-1, Masalah produksi babi yang ke-2 utang.

masalah yang pertama dulu :
1. Masalah produksi

– Cara ekstrem, hindari produksi dengan menjadi pengepul, beli sana jual sini, cashflow mutar cepat.
– Disebutkan babi mulai kecil sampai besar butuh waktu 5 bulan, Nah bagaimana kalo dipotong dari masa penggemukan saja, ga perlu dari bayi procot. (kan butuh 1 bulan saja, kalo salah bilang ya ?) , jadi biaya untuk kulakan pakan berkurang dan uangnya mutar lebih cepat
– Makanan alternatif, saya ada ide banyak untuk ini tapi untuk jamunya ayam (kan saya jual ayam), kalao diterapkan di babi apa bisa ga tahu saya he,, he..

2. Masalah Keuangan.

– Utang dijadwal kembali.
– Uang yang ada untuk kulakan babi. jangan fokus ke bayi procot karena cashflow terlalu lama
– WADUUUU kerjasama bagi hasil gimana ? hayo.. ? jadi gak perlu utang lagi, masalahnya hmmm babi..

Semoga jawaban saya membuat Anda ter Inspirasi..

3 comments on “Mengatasi Terbelit Hutang Sekaligus Mempercepat CASHFLOW

  1. saya ada dalam kurungan kutukan dalam berkarir,saya mempunyai usaha bantal kesehatan namun sampai saat ini saya belum dapat menikmati hasilnya malah menambah hutang saya .. saya mohon bantu untuk pecahkan masalah saya ini…

  2. Malam IbuBapakMasMbak, saya mau konsultasi sedikit masalah hutang piutang
    saya sudah menjalankan usaha saya lebih 2tahun sebagai agen PPOB, awalnya lancar meskipun pendapatan yang saya terma cukup untuk ukuran seorang bujang. saya ingin mengembangkan dan menambah penghasilan dengan cara memodali anggota/downline saya tanpa mengurangi nilai yang sudah saya berikan kepada downline saya. awalnya lancar sekitar 1tahun, kemudian merosot karena banyaknya kompetitor, dan resiko yang saya tanggung semakin besar dikarenakan banyak downline saya macet di setoran, bahkan berhenti tanpa membayar lunas modal yang saya berikan. mohon solusinya.

Leave a Reply

