Cara Agar Laporan Arus Kas Positif

Lagi enak-enak lihat film.. tiba-tiba ada yang telpon.. buyar sudah..

Teman :”Bro punya uang..? aku mau pinjam..”
Saya    :”Aku bukan bank Gan..!!”
Teman :”Puya solusi..”
Saya    :”Kan sudah ada di solusibisnismu.wordpress.com.. Emang Agan mau bangkrut apa..?”
Teman :”Bukan begitu Bro.., laba sih laba.. tapi modalku habis..”
Saya    :”Ya udah.. kita makan-makan di Taman Bukul gimana..?

Teman saya ini buka usaha jual beli ayam, maka Dia jual mobil panther kesayanganya yang laku 115 juta, kemudian dia gunakan sebagai modal usaha, ternyata dalam 3 bulan berjalan modal sudah menipis tinggal 30 juta doaangg..  pusing dia

Hmmm.. emang benar gawat.. saya pernah baca laporan statistic pada tahun 2007 an (waktu itu memang ada krisis Global) “Gara-gara tidak bisa mengatur Cash Flow, rata-rata perusahaan baru dengan modal kecil sampai menengah (sori lupa angka US$ nya), 20% bertahan dua tahun, 50% persen bertahan hidup empat tahun, sisanya bertahan selama setidaknya tujuh tahun”..  Laba sih laba.. tapi tutup..  ditambahkan dalam laporan tersebut bahwa para ahli telah menemukan selama bertahun-tahun bahwa kekurangan modal merupakan salah satu alasan utama kegagalan usaha kecil, ditambah dengan kurangnya pengalaman dalam mengelola Cash Flow.

Hmmm..  jadi sebenarnya modal kecil boleh.. asal punya pengalaman mengatur Cash Flow.. maka perusahaan itu bisa survive.. Berikut ini adalah saran bagaimana caranya mengatur Cash Flow yang saya berikan kepada teman saya.

Agar persepsi sama mari kita baca dulu terminologi dari Cash Flow atau Arus Kas.

Arus kas adalah pergerakan dana masuk dan keluar  lebih tepatnya gak sampai keluar/masuk cuma maju mundur aja loh.. akibat habis nonton film kegiatan bisnis Anda, ada dua jenis arus kas :

a. Arus kas masuk (cash inflow), adalah penerimaan dari :
1) Penjualan barang atau jasa
2) Pendapatan bunga
3) Pendapatan dividen
4) Sumbangan
5) dll

b. Arus kas keluar (cash outflow), pembayaran untuk
1) Pembelian barang
2) Gaji karyawan
3) Pajak
4) Denda
5) Hutang
5) dll

Dari arus kas keluar masuk ini akan didapatkan arus kas :
• Arus kas positif : Bila arus uang masuk ke kas lebih banyak dari pada uang yang keluar dari kas.
• Arus kas negatif: Bila arus uang keluar lebih besar dari kas masuk Anda.

Anda harus meneliti setiap pengeluaran dan dan setiap penermimaan Anda, berikut tanggal pertanggalnya, bila perlu satu tahun kedepan (bergantung jenis bisnis Anda), Anda harus pastikan memiliki uang tunai yang cukup setiap bulan untuk menutup kewajiban Anda.

Arus Kas bukan berarti laba yang tinggi, anda tidak bisa melihat laporan bulanan laba rugi untuk melihat arus kas, namun kalau arus kas positif jelas menunjukkan Anda sedang menciptakan laba.

Bila modal kecil maka mau tidak mau harus Meningkatkan Arus Kas, berikut ini caranya :

* Mengumpulkan piutang dan menjual piutang yang jatuh temponya masih lama.
Saya :“Saya teliti ada beberapa BG yang jatuh temponya masih 1 bulan lagi, seandainya BG2 ini kamu jual ke pihak ketiga dengan discount 6%, apa Agan masih untung..?”
Teman :”Untung Bro..”
Saya    :” 3 biji BG ini.. saya beli”
Teman :”Ooo Terimakasih Bro..”

* Memperketat persyaratan kredit :
Saya :”Gan.. coba tanya ke ke para suplier sebelumnya, apakah hotel itu pembayarannya bagus..? jika jawabnya sering mundur, sebaiknya gak usah kamu layani dulu..
Teman :”Siap Bro..”
Saya :”Kamu kan bisa bikin aturan, misal bila melampaui plafon kredit gak usah dikirim dulu, ketika invoice yang ke 4 masuk, invoice pertama harus sudah dibayar atau tenggang waktu kredit 1 minggu setelah TT, atau kombinasi dari cara-cara ini”
Teman :” Siap Bro..”

* Harga diskon :
Saya :”Sodorkan struktur harga, bedakan antara yang COD (Cash On Delivery) dengan yang kredit 2 minggu dan 1 bulan. Bila mereka mau bayar lebih awal kasih discount, untung dikit asal lancar itu lebih baik dari pada untug besar tapi macet..”
Teman :”Siap Bro..”

• Mengamankan pinjaman :
Saya :”Bila kepepet baru cari pinjaman..”
Teman :”Itulah sebabnya aku mau pinjam uang ke Bro…”
Saya  :” Lohh.. aku kan sudah beli BG mu tiga biji.. Agan ini bagaimana..?
Teman :”Oo.. jadi beli BG..? Uangnya mana Bro…”
Saya  :” Tunggu bulan depan ya.. sudah gitu aja kog repot”
Teman :”Oooo dasar…. Ada cara lainnya..? ”

Cara lain Ada Dong masih tiga lagi.. silakan klik kredit tanpa bunga dan kredit tanpa agunan, semoga Anda menemukan idenya.. kalau belum ketemu ? silakan kunjungi blog ini rutin xi.. xi.. xi..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi..

4 comments on “Cara Agar Laporan Arus Kas Positif

Leave a Reply

