PELATIHAN K3 UMUM | PUSAT PELATIHAN K3 TERLENGKAP

Undang-Undang 1/70 dan peraturan pelaksanaannya melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012, (PP RI NO 50 tahun 2012). Bila Anda membutuhkan pp 50 2012 silakan download di sini. Mengenai Sistem Management Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3), pada intinya menyebutkan bahwa perusahaan yang:

1. Memperkerjakan lebih dari 25 orang atau
2. Mengadakan sebuah pekerjaan yang lamanya lebih dari 3 (tiga) bulan atau
3. Atau pekerjaan dengan karakteristik : proses atau bahan produksi dapat menimbulkan bahaya seperti
peledakan, kebakaran, pencemaran dan penyakit akibat kerja.

Maka perusahaan tersebut wajib memiliki 1 (satu) orang Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Disisni akan disebutkan secara singkat Sistem Management kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) berisi tentang :

1. Pengertian tentang bahaya, resiko dan pengendalian resiko, yaitu mengenali bahaya, mengukur resiko dan mengambil langkah untuk mengendalikan risiko untuk diri mereka sendiri dan orang lain.
2. Menggunakan informasi untuk menilai resiko langsung dan kumulatif untuk mengelola lingkungan mereka untuk memastikan kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain
3. Menjelaskan/melakukan langkah-langkah yang untuk mengendalikan risiko.

Pengertiannya adalah sebagai berikut :

1. Bahaya adalah apapun yang bisa menyebabkan kerusakan.
2. Resiko adalah peluang terjadinya bahaya/kecelakaan (apakah tinggi atau rendah).
3. Penilaian resiko yaitu menghitung tinggi rendahnya resiko yang akan timbul dan dampak yang akan ditimbulkannya, membuat alternatif pencegahan yang harus dilakukan.
4. Pengendalian Resiko adalah pengambilan langkah/keputusan untuk mengurangi peluang, dan / atau mengurangi konsekuensi yang menyebabkan bahaya.

Karena pembuatan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja SMK3 sangat kompleks, maka perusahaan diwajibkan untuk memiliki 1 (satu) orang Ahli K3.

PT. Prashetya Quality telah bekerjasama dengan Depnaker untuk mengadakan pelatihan K3. Anda yang lulus akan mendapatkan sertifikat Ahli K3 dari Depnaker. Tunggu apalagi? Segera hubungi representative kami

Advertisements

3 comments on “PELATIHAN K3 UMUM | PUSAT PELATIHAN K3 TERLENGKAP

  1. I look forward to reading more of your articles and posts in the future, so I’ve bookmarked your blog. When I see good quality content, I like to share it with others. So I’ve created a backlink to your site. Thank you!…

  2. Manajemen Resiko Pertambangan adalah suatu proses interaksi yang digunakan oleh perusahaan pertambangan untuk mengidentifikasi,mengevaluasi,dan menanggulangi bahaya di tempat kerja guna mengurangi resiko bahaya seperti kebakaran, ledakan, tertimbun longsoran tanah, gas beracun, suhu yang ekstrem,dll.Jadi, manajemen resiko merupakan suatu alat yang bila digunakan secara benar akan menghasilkan lingkungan kerja yang aman,bebas dari ancaman bahaya di tempat kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s