Ceruk Pasar Salah Biaya Meningkat

Mantan direktur itu masih bicara dengan semangat, Bp. owner masih antusias menanggapai, Bp. Supervisor sedang berpikir pikir.. saya..? Saya ini adalah orang yang cepat resah gelisah.. kalo meeting terlalu lama yang namanya bokong sudah gak tahan, geser sana geser sini..

Apa masalahnya..? masalahnya adalah cara memilih konsumen yang tepat, namun dengan peluru yang sangat minim (promosi yang efektif).. Produk yang mau dijual ini adalah sebuah Jasa, Sistem Prosedur yang digunakan oleh perusahaan manufaktur Food & Baverage.. Namun karena produk jasa ini sangat mahal maka pemilihan sasaran harus jeli.. apalagi dananya sangat minim..

Hmmm saya masih ingat para motivator Multi Level Marketing (MLM) selalu mengatakan bahwa JANGAN MENYERAH, BILA GAGAL, COBA LAGI, Gagal, COBA LAGI.. COBA LAGI.. PASTI BERHASIL, tapi sebentar bapak motivator.. kalo setiap gagal tidak menimbulkan konsekwensi berkurangnya uang, ya gak masalah !!. Kalo setiap kegagagalan menyebabkan berkurangnya uang.. Mohon MaaFFF wahai para motivator MLM Anda bisa mendorong pada kebangkrutan.. ceritanya begini :

Katakanlah setiap promosi (orang MLM bilang prospek) menghabiskan total 10 ribu rupiah, dan setiap keberhasilan mendapatkan keuntungan 60 ribu rupiah, maka bila untuk mendapatkan keberhasilan memerlukan kegagalan 10 kali, ya bangkrutlah orang itu.

Total biaya prospek / promosi = 10 ribu x 10 = Rp 100
Keuntungan bersih = 60 ribu
Selisihnya = minus 40 ribu (rugi)

Meskipun punya downline, kalo dwonline juga mengalami hal yang sama ya bangkrut juga, Wooo apalagi bila prospeknya dilakukan disebuah restoran atau hotel yang didanai dari iuran para downline, sebab Kalo dibayar Leader doang, leadernya yang bangkrut, makanya downline juga diajak iuran, lah.. gawatnya malah terjadi kebangkrutan masal.

Maka kita harus punya strategi promosi yang baik dalam membidik sasaran harus dengan biaya yang seminimal mungkin, Lalu bagaimana strategi pemasaran (atau cara promosi / prospek) yang tidak menghabiskan banyak uang ?? Perusahaan MLM mengajarkan buatlah daftar sasaran dan ranking berdasarkan skala prioritas agar biaya promosi tidak membengkak.. sehingga diharapkan dari enam orang yang diprospek sudah ada satu orang yang mau menjadi downline, lohh..? masih belum untung juga ya..?

Tio :”Terus usulanmu bagaimana mas Vdit”
Saya :”Hmmm.. ya customer yang dibidik kita ranking berdasarkan skala prioritas..” sambil gelagapan sebab tadi melamun sampai Surabaya
Tio :”Loh Cutomer mana yang mau kamu bidik..”
Saya :”Ooo.. datanya bisa kita ambil dari buku merah..? hijau..? atau buku kuning (Yellow Pag*)..?”, wah pasti jawaban saya gak memuaskan maklum masih belum sadar dari lamunan..
Sur :”Ada gak.. cara yang lebih cepat..?, saya tidak menyalahkan pemakaian buku kuning itu..” begitulah gaya beliau yang tidak pernah mau menyalahkan orang lain..

Hmmm berpikir keras nih… ayooo Vdit keluarkan idemu secepatnya.. Alhamdulilah keluar juga ide itu..

saya :”Biarlah nanti saya sama si novan masuk Indo*art atau carefou*..”
Yoyo :”Beli beras..?”
saya :”Kita akan menuju ke rak makanan, kita ambil produk yang ada disitu dan kita catat nama produk, nama perusahaannya, email dan alamat kontaknya.. Tidak semua perusahaan mau mencantumkan alamat kontaknya terutama untuk perusahan yang masih mau bangkit.. untuk kasus ini nanti dicari dari internet..?”

“Produk yang masuk ke Indo*art atau Hyperm*rt pasti perusahaannya legal, SNI, DepkesRI, mungkin beberapa di antaranya malah sudah ISO dll dan pasti punya uang promosi banyak, karena setiap produk yang mau masuk di jaringan ini harus bayar biaya jaminan, display atau macam-macamlah istilahnya, intinya para pemasok harus mau menjadi member-i-uang nya wa.. ka.. kak”

Saya :”ini cocok dengan sasaran produk jasa kita..”
Tio, Sur :” OOOO.. Ya betul..”
Yoyo :”Makanya kalo proyek ini berhasil kita bisa beli beras yang banyak..”

Pada hari H di Caref*ur di kota J, saya meminta novan mencatat alamat perusahaan yang tercantum di produk yang di pajang di rak display, sementara saya pergi ke bagian pembelian minta printout para suplier..

Setelah saya selesai mendapatkan printoutnya, saya bergegas kembali dan mendapati novan ditangkap oleh kemanan CareF*ur karena diduga melakukan perbuatan kompetisi yang tidak sehat atau ilegal.. smentara saya yang melakukan kegiatan ilegal malah gak ditangkap.. Ike piye tohh.. kog kebalik..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi

5 comments on “Ceruk Pasar Salah Biaya Meningkat

Leave a Reply

