Cara Survey Lokasi Tempat Usaha | Cuma Rp 5 Ribu Doang

Mana bisa ?? survey lokasi dengan biaya sekecil itu.. saya pasti bohong.. wa.. ha.. ha..

Waktu jaman kuliah, saya ini orang statistik.., jadi yang dihandalkan justru analisa dan surveynya itu. Berdasarkan buku dan intruksi dari kampus, maka untuk survey lokasi tempat untuk usaha memperhatikan hal hal sebagai berikut :

1. Tata kota, oohh tata kota.. saya masih ingat di Surabaya timur katanya akan dibangun sport center maka berbondong-bondonglah para investor untuk beli tanah di sana, termasuk tante saya yang katanya mendapatkan informasi dari orang luar pemkot. 5 tahun kemudian ternyata surabaya timur dijadikan tempat pembuangan sampah.. sedih.. nangis.. lah informasinya dari orang luar sih.. yang betul mestinya dari mbah dukun betul..? bayarnya cuma pake kemenyan, coba kalo bayar orang dalam di pemerintah kota Surabaya bisa habis puluhan juta kali.. klo gak ditangkap KPK kalee !!

2. Berdasarkan Demografi.. Ooo saya paling semangat, waktu itu sehari dibayar Rp 50 ribu (tahun 1992).. bayangkan saya jadi kaya mendadak, karyawan Mata*ari Dept Store waktu itu digaji Rp 75 ribu sebulan.. Wajar dong saya kan orang itelektual ha.. ha..,maka giatlah saya mensurvey : sebaran umur, pendapatan, jenis kelamin, tempat tinggal dan apa lagi hayoo..? makanya belajar Demografi ya..!! jangan nyontek diblog ini yah.. ha.. ha..

3. Aduh ada yang bilang jangan sampai didepan lokasi tempat usaha ada rambu dilarang parkir. wa..kak.. kak..

4. Kalu bisa ditempat itu kita yang jadi premannya, jadi kita malah dapat setoran betul..?

5. Fasilitas lengkap, kalo listrik dan air sudah biasa, tapi ini kelas jalan kalo bisa I A, artinya jalan tersebut bisa dilewati kendaraan dengan bobot 50 ton.. wah.. kendaraan apa yah..? tanya saja DLLAJR

6. Merupakan pertemuan dari 3 penjuru jalan.. padahal bendera Inggris ada 8 penjuru mata angin.. apa gak kurang itu..?

7. Kalo musim hujan jangan sampai kebanjiran, loh.. loh.. kalo tokonya jual perahu kan malah enak uji cobanya.. aneh aneh aja..

8. Mau nambah lagi..?, ditambah dengan Analisa multivariate yang Statistik banguueet itu.. wah iya dong biar saya dapat uang lagi

Sudah Stop.. saya mau tidur saja.. Oooo ya terus uang lima ribu (Rp 5.000,-) itu untuk apa.. ?

Lah gini loh.. teman saya ini adalah anak yatim piatu, baru lulus SMA, asal dari Malang terdampar di Cilangkap Jakarta.. Badannya kecil kurus kering.. saya pikir dia mau ngamen.. saya kasih uang dia marah besar.. Loohh ampun untung saya tidak digampar.. sori mas.. Mana Mampu Bayar Biaya Untuk Survey ??

Nani :”Oom saya bukan pengamen, saya cuma mau tanya doang, di mana Cilangkap..?”
Saya : “Loh.. (kapan saya nikah sama tantemu..?) saya juga baru disini, tapi mas sudah benar, mas sudah sampai jakarta.. Mau apa mas..?”
Nani :”Saya mau cari lokasi untuk tempat usaha..”
Saya :”Wadooh.. klo gitu mas nya gak usah capek-capek survey.. ayo makan siang sama saya saja.. itu urusan gampang”

“Tahu gak syarat berdirinya mini market Indom**t atau Al*amart..? investasi mendirikan mini market itu gak murah loh.. di Surabaya bisa mencapai 600 juta.., Tahu gak syarat berdirinya gerai ATM, bisa dari bank BC*, Mandi*i atau bank yang lain..?, biaya operasional tinggi loh, investasinya mahal.. bisa ratusan juta.. Tahu gak syaratnya mendirikan waralaba golongan ayam goreng tiruannya MC*, KF*..? itu mahal loh investasinya.., Tahu gak kalo..”

Nani :”Sudah.. Omm.. sudah.. saya tahu.. terus kenapa..??”
Saya :”Lohhh… gimana mas ini.. mereka pasti surveynya hebat lebih hebat dari saya… Mereka investasinya jutaan, jadi surveynya pasti benar.. dan mereka ini berani bayar surveyor Rp 100 ribu perhari.., Jadi kalau mereka membuka gerai disini.. artinya di daerah sini sudah pasti sangat menguntungkan. ngapain disurvey lagi..? Paham Mas…??”
Nani :”OOOOOOO… Paham OOmmmm”

Ya selesai sudah.. wong sudah paham.. Loh by the way “tantemu gak kamu ajak..?”

Loh tapi saya kog jadi mentraktir mas nya tadi ya.. habisnya Rp 10.000,- lah.. berati gak Rp. 5.000,- dong.. jadi saya bohong kan wa kak kak..

Semoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi

Mohon maaf saya sudah tidak posting lamaaaaaaaa…. sekali, bukan masalah uang, tapi cobaan ini begitu berat, saya sadar… artinya saya disayang ALLAH.

Nah… jadi mulai hari ini Insyaallah saya akan mulai menulis lagi. seperti biasa Free GRETONG..

Author of Solusi Bisnismu

VdityV

 

Advertisements

7 comments on “Cara Survey Lokasi Tempat Usaha | Cuma Rp 5 Ribu Doang

  1. banyak sekali yang harus dipertimbangkan untuk memilih tempat usaha sebab lokasi yang strategis memberi faktor besar bagi kesuksesan bisnis kita
    terima kasih atas penjelasannya, sangat mudah dipahami…

  2. cerdassss mantappppppppppppppp,,
    itu tadi kan tempat usaha ya om ,,kalo survey “ketertarikan suatu produk” gmn tuh,, dengan biaya survey yang murah juga tentunya,,kwkwkwkwk

  3. Ada Om om yang cerdas ya …. Om Vdityv namanya ….. aku lagi buka tenda ayam goreng di Cikarang mau di survey lokasinya gak Om Vdit …… rasanya enak loh, apalagi kalau hari Sabtu and Minggu ada soto spesial buatan saya, soto surabaya yang buat bukan orang asli Surabaya tapi rasanya dijamin maknyus…….

  4. Om Vidit, kalo Alf….m…rt biasanya tidak survey lo, cuma nebeng sama Ind…m…..rt.
    Tahun 92 aku kalo dikirim uang buat biaya makan di kost2an rp. 50 rb dah bisa buat makan sebulan, trus kerja pertama kali tahun 93 dapet gaji UMR 66 rebong …… gak cukup buat makan sebulan. Sekarang UMR dah 2.4 jt …. masih gak cukup juga kali ya ….. he he he he makanya nyambi jualan soto sama ayam goreng di tenda sebelah rumah. Mampir ya om ….. đŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s