Cara Memperluas Pasar

Dengan membuat Cerug (Niche) Pasar baru

Sore itu, saya tidak dapat tempat parkir di Tunjungan Plaza, atas saran anak saya, mobil saya parkir di dekat hotel Tunjungan.. Setelah mobil saya parkir saya jadi bingung sendiri, jalan menuju TP itu lewat mana ya..? akhirnya saya putuskan lewat hotel Tunjungan..

Persis di Lobby hotel Tunjungan saya melihat bp. Krisna Murti lagi membagi kaos.. Nah..namanya rejeki memang gak kemana mana.. ha.. ha..

Krisna Murti :”Halo.. kabarnya Cilacap bagaimana ?”

Saya         :”Mestinya kita ke Purwokerto juga pak..!”

Krisna Murti :”OOO… Great… selamat ya.. dulu gak menyangka kalau bisa sukses ya..!”

Saya         :”Terimakasih.. “Tidak Ada Yang Tidak Mungkin”.. seperti tulisan yang ada di kaos ini..”

Krisna Murti :”ooo.. silakan pilih saja.. pilih kaos yang warna merah atau…”

Saya         :”Merah saja pak..! setelah ini mau makan dimana..?”

Krisna Murti :”Ha.. ha.. kan sudah tahu…”

Iya.. selera saya dengan beliaunya ini sama.. paling yang dimakan adalah masakan yang bahan bahannya sederhana.. sayur tahu tempe.. itu doang.. tapi yang nikmat loh.. ha.. ha..

Beliau menyebut dirinya sebagai mind set motivator, banyak sekali game beliau yang mirip magic/klenik.. untuk menunjukkan sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Saya sudah sering melihat beliau mengajar, namun setiap beliau memulai game, saya selalu takut, sebab sebagian game beliau mengerikan.

Saya pernah mencoba beberapa game dari bliau (yang kunci rahasianya telah diberikan) di rumah, ternyata berhasil mengapa..? itu bukan karena saya, Anda pun pasti bisa.. mengapa..? karena Anda adalah bagian dari kegaiban alam itu sendiri, betul..?

Loh kog malah masuk ke motivasi..?. katanya blog bisnis.. OK lanjut ke bisnis.. “Tidak Ada Yang Tidak Mungkin..” berlakukah ini di dunia marketing..? Ternyata berlaku.. yang dulunya tidak mungkin sekarang justru mungkin dan hal ini justru dimanfaatkan sebagai jalan untuk mendapatkan market niche (ceruk baru) yang sangat manis untuk dikeruk..

Contoh :

“Jangan makan permen nanti gigimu bisa berlubang”, demikianlah nasihat ibu saya.. rasanya tidak mungkin seorang ibu menganjurkan anaknya untuk makan permen agar giginya sehat, betul..? namun sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin, permen malah bisa dijadikan sebagai penggantinya gosok gigi dan produk ini laku..

“Iodium (obat merah) dulunya dikenal sebagai obat pembersih luka atau koreng (nanah) di kaki..  mana mau orang pakai obat nanah untuk dikumur kumur..? tapi faktanya sekarang Iodium untuk membersihkan mulut ha.. ha..”

“Jaman dulu teori membuat poster adalah : gambarnya harus bagus, penempatan disusun rapi.. simetris.. tegak lurus.. utuh dll. Sekarang tulisan malah dibalik.. membacanya malah dibikin susah.. terus pemasangan dibuat miring.. bahkan ada yang disobek.. tapi malah laku.. aneh bukan..?”

“Joger jelek.. Bali baik..” lah kog..? biasanya orang menomorSATUkan  produknya, seperti kecap nomor satu, betul..? tapi ini malah kebalik.. Joger Jelek.. Bali baik.. tapi faktanya orang malah berbondong-bondong beli sandal japit yang bertuliskan “Joger Jelek, Bali Baik” termasuk anak saya yang liburan ke Bali 3 minggu yang lalu.. Joger emang Gendeng… ha.. ha..

Nah.. untuk dua contoh terakhir atau yang aneh aneh, dinamakan Guerilla Advertising/Marketing.. lain kali saya bahas lebih lanjut ya..

Jadi kalau Anda ingin membuat niche pasar yang baru, jangan sampai bingung dan kehabisan ide.. cari saja hal-hal yang dulunya dihindari kemudian buat kebalikkannya.. sudah tinggal begitu saja.. maka akan terbentuk segmen pasar yang baru.. Anda tidak perlu plek persis sama dengan solusibinismu.wordpress.com bila perlu malah berlawanan dengan saya, yang penting laku.. yang salah kalau produknya tidak laku.. ha.. ha..

Meskipun nilai UNAS anak saya yang SMP cuma 36.10, namun saya tetap semangat.. Bulatkan tekat untuk mendaftar di SMA faforit.. kaos itu saya berikan ke anak saya dan berkata “Selamat berjuang Girl.. Ingat kata bapak Krisna Murti.. “Vdity.. TIdak Ada Yang Tidak Mungkin..”  Ok setuju…?”

Semoga Anda ter Inspirasi dengan tulisan saya..

4 comments on “Cara Memperluas Pasar

  1. saat ini usaha saya di bidang ( air mimum ) >> salah satu waralaba / francehase Depo air mimu BIRU sudah berjalan hampir 7 bln usaha ini saya jalankan bersama istri saya , saya mohon petunjuk cara/ trik unk meningkatkan penjualan krn sampe saat ini penjualan belum sampe target yang diharapkan …untuk menutupi biaya operasional 😦 listrik ,air , gaji karyawan dll target penjualan min 250 galon ) ( target penjualan min > 250 – 500 galon / per hari )
    tsebelumnya saya ucapkan banyak2 erimakasih atas petujuk yang diberikan

  2. betul,saya setuju dg kta TIDAk ada YG TAK MUNGKIN,tp ingat kta itu brsal bkan dri siapa pun,itu brsal dari kun payakun,!!!!!

  3. Sebulan yang lalu ikut training Gung Ho yang diselenggarakan oleh perusahaan. Ada session yang sama dengan tulisan di atas, “Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin”. Lalu team saya, team Bever berjumlah 10 orang. Kami diberi tugas untuk menciptakan sebuah lagu yang original, tidak pernah ada sebelumnya dari jaman alif sampai jaman Dal, dari lirik, melodi sampai menyanyikan berikut koreografinya dalam waktu 2 jam (termasuk membuat kostum dan make up nya juga). Kami yang semuanya “gadungan” ini gelagapan. Di dalam basecamp diberi alat musik : piano, guitar, kecrekan beras, seruling, kostum berupa bahan2 yang masih utuh, dan make up. Setelah bagi2 tugas, aku sebagai penyanyi merangkap me-makeover teman2, teman yg lain membuat lirik n melodinya, ada yang spesialis koreonya, spesialis membuat kostumnya, dll. pada saatnya tet, jam 7 malem kami tampil ke depan, dengan gaya yang super memalukan diri sendiri, seumur2 tidak pernah nyanyi dilihat orang, ahirnya kami bisa menang mengalahkan team squirrel dan Tem gift the goose.

    Pesannya adalah tidak ada sesuatu yang tidak mungkin karena terpaksa ha ha ha ….

Leave a Reply

