Agar Karir Cepat Meningkat Melesat

Bagi karyawan yang dianggap kurang mampu atau tidak berprestasi dan dipaksa/terpaksa mengundurkan diri, sebaiknya jangan menyerah, Anda hanya belum menemukan kolam yang cocok saja. Cerita ini juga bisa menjadi catatan introspeksi bagi para Atasan.

Si A dan si B adalah teman, umur sama, jenis kelamin sama, lulusan sekolah yang sama, berkarir dari bawah,pada divisi dan profesi yang sama dan sama-sama bekerja di PT Mapan, namun teryata nasib mereka tidak sama.

Si A promosi menjadi manager, namun si B masih sebagai staf biasa. Si B tidak puas dan mengajukan pengunduran diri dari perusahaan PT Mapan. Sebelum keluar dari perusahaan si B menanyakan kepada BigBos Mapan mengapa si A dipromosikan menjadi manajer sementara Dia tidak..?

BigBos Mapan:”Hmmm… Coba ingat-ingat, waktu itu aku menyuruhmu untuk mencari penjual semangka, kemudian apa yang kamu kerjakan..?”
Si B :”Saya langsung mencarinya pak.. dan saya melaporkan bahwa di jl. Ngagel ada penjual semangka..!”
BigBos Mapan:”Benar.. memang kamu telah mengerjakan tugas dengan baik.., tetapi waktu itu aku memberikan tugas lagi kepadamu untuk menyakan berapa harganya bukan..?”
Si B :”Saya waktu itu langsung berangkat lagi dan menayakannya kepada penjual berapa harganya dan langsung melaporkan kepada bapak..!”
BigBos Mapan :”Benar.. dan kemudian aku bertanya kepadamu, apakah harganya bisa ditawar..”
Si B :”Benar pak..!!”
BigBos Mapan :”dan setelah itu kamu bolak-balik sampai sepuluh kali benar..?”
Si B :”Benar pak..”

Kemudian BigBos Mapan mempersilahkan si B untuk tetap tinggal di ruangannya dan memanggil si A. BigBos Mapan kemudian menyuruh si A, teman si B yang telah menjadi manajer itu untuk mencari penjual semangka. Setelah menunggu cukup lama si A datang dan melaporkan kepada BigBos Mapan..
Si A :”Pak ada penjual semangka di Jl. Ngagel, semangkanya ada dua jenis, kuning dan merah, yang merah harganya Rp. 1.300,-/Ons, yang kuning harganya Rp. 1.400,-/ons, namun harga ini bisa berkurang kalau kita beli 25 kilo, kalau langsung membeli satu mobil harganya bisa turun menjadi Rp. 800.-/ons namun harus pesan dulu 3 hari sebelumnya, uang muka cukup 25% saja, barang bisa diantar sampai ketempat tujuan selama masih di wilayah Surabaya”

Mendengar semuanya itu sadarlah si B, bahwa Dia masih kalah kualitas/kalah kreatif dibandingkan si A, namun si B telah mengajukan pengunduran diri jadi apa boleh buat..

Nah cerita diatas sering di bahas pada pelatihan-pelatihan management sumber daya manusia, dan diyakini sebagai jalan untuk mencapai karir dengan cepat. Nah kalau copas begitu saja bukan solusibisnismu.wordpress.com dong ha.. ha.., maka cerita tersebut akan saya teruskan dengan cerita true story teman saya, yang mana dinilai jelek oleh atasannya dan terpaksa mundur, namun setelah pindah perusahaan baru, karirnya langsung melejit bahkan dulu sempat membuat saya iri.. hu.. hu….

Agar si B tidak kalah gengsi dengan si A, maka si B berusaha mencari perusahaan yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaannya yang lama, yah.. meskipun tidak menjadi manager seperti si A, namun kalau perusahaan barunya lebih maju dan lebih besar, setidaknya si B tidak malu dengan si A, begitulah pendapat si B..

Kemudian kesempatan itu datang, si B mendapatkan kesempatan untuk menjalani test masuk diperusahaan PT Maju yang mana adalah sebuah perusahaan besar..

BigBos Maju :”Begini Anda akan saya test untuk mencari tahu penjual semangka yang ada didaerah ini, namun datanya yang lengkap ya..!! meliputi jumlah pedagangnya berapa saja, jenisnya apa saja, harganya berapa, ada discount atau tidak, pengirimannya berapa lama.. terus apa lagi ya..?”
Si B :”OO ya.. saya ingat pak.. uang muka yang dibayarkan berapa ? terus minimal order berapa ? terus.. terus apa lagi ya..?”
BigBOs Maju :”Hmm ya.. ya.. betul.. tapi rasanya masih ada yang kurang.. apa ya..?”
si B :”Ada pak.. rasanya bagaimana, manis apa tidak, bagaimana kalau saya beli untuk testernya..?”
BigBos Maju :”Hmm.. boleh boleh.. justru itu yang penting..? terus apa lagi yah..?”
si B :”Apa ya.. saya sudah tidak mempunyai ide lagi pak.. mengapa bapak mendiskusikan dengan saya..?”
BigBos Maju :”Karena saya tidak ingin Anda bolak-balik, menghabiskan waktu dan sumber daya, apalagi gagal dalam menjalankan tugas yang saya berikan.. saya ingin Anda selalu sukses menjalankan tugas-tugas saya, kerena kesuksesan Anda adalah kesusksesan saya juga.., kekagagalan Anda adalah kegagalan saya juga.., saya tidak mau main-main”

Nah karena tugasnya terdiskripsi dengan jelas maka si B bisa menjalankan tugas yang diberikan BigBOs Maju dengan baik, singkat cerita si B bisa diterima di PT Maju. si B merasa beruntung. Dalam hatinya si B berkata “saya beruntung di perusahaan ini dan saya akan loyal, sebab saya tanpa perusahaan ini, maka saya tidak akan menjadi apa-apa.. saya bodoh dan tidak kreatif namun perusahaan ini ternyata bisa membuat saya bisa belajar setahap demi setahap dan bisa menjadikan saya maju ”

Di perusahaan maju semua tugas yang diberikan oleh para atasan selalu terencana dengan baik, karyawan diajari bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan step demi step, sehingga semua bawahan di perusahaan ini dipastikan bisa menjalankan tugasnya dengan baik, dan menjadi pintar.. pantas perusahaan ini lebih maju

Tidak berapa lama si B akhirnya promosi juga jadi manager.. dan Kemudian si B tiba-tiba merasa kasihan dengan temanya si A yang masih bekerja di PT Mapan. dan anehnya setelah dihitung-hitung, memang betul bahwa para karyawan yang keluar dari PT. Mapan rata-rata karirnya malah menjadi sukses. Sementara orang yang keluar dari perusahaan maju karirnya malah tenggelam..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter inspirasi

6 comments on “Agar Karir Cepat Meningkat Melesat

  1. cerita ginian emang sdh sering sy dengar, tp nggak ada jeleknya kalau slalu dibaca. buktinya sy baru saja selesai bacanya. tetap oke gitu ………..

  2. semua bidang memang perlu kreatifitas baik sebagai guru, karyawan swasta ataupun PNS, selain itu cepat dan yg paling penting tanggap apa yg jd perintah atau permasalahan didepan …..

Leave a Reply

