CARA MENJUAL PRODUK YANG JELEK BANYAK KEKURANGAN DAN KELEMAHAN

Cara menjual produk, yang setelah dibandingkan dengan kompetitornya atau pesaingnya ternyata banyak kalahnya atau jeleknya dari pada menangnya..

Produk yang samacam ini bisa membuat para selesman merasa malu, takut di ejek teman-temanya, tidak percaya diri, frustasi kemudian mengundurkan diri.

Tersebutlah Bagus.. seorang salesman, dia merasa bahwa produk yang dijualnya lebih jelek dibanding dengan pesaing, bahkan bukan dia saja yang merasa bahwa produknya jelek, tapi agen-agen yang telah membeli produknya juga mengatakan bahwa produknya jelek.. Sehingga Bagus ingin mennngundurkan diri, kemudian mencari perusahaan yang produknya terkenal dan gampang menjualnya, Loh.. ini gak salah, saya juga begitu, saya bangga bisa bekerja di sebuah perusahaan asing yang produknya terkenal dan gampang dijual, tapi kalau sekarang yang saya pentingkan adalah kesempatan atau manfaat apa yang bisa kita peroleh dari perusahaan itu, misal kalau di perusahaan besar hanya dapat gaji 3,5 jt/bln, karir sebagai anak buah, di perusahaan kecil bisa dapat 6 jt/bln plus sebuah jabatan yang bergengsi, pilih mana hayo..? Contoh masih kurang..? Ok lanjut lagi

Jangan sampai karena kita mempunyai produk yang jelek (secara jujur produknya benar-benar jelek), mental kita jadi jatuh seperti si Bagus ini.
Bagus :”Pak.. saya mau mundur dari perusahaan”
Saya :”Lah terserah kamu.. tapi kalau boleh tahu alasanmu mengundurkan diri itu apa..? gaji, isentive, bosmu galak, atau apa..?”
Bagus :”Pak.. saya mau mundur sebab produk yang dijual di perusahaan saya ini jelek-jelek semua..”
Saya :”Ooo.. kalau itu masalahnya pikirkan dulu, coba kamu ceritakan, produk yang kamu maksud jelek atau baik itu seperti apa..?”
Bagus :”Ini lo pak,, secara pribadi pak.. saya menilai produk ini jelek, coba bayangkan..”

Maaf Sensor.. produk dan perusahaan si Bagus tidak bisa saya sebutkan disini, saya ganti dengan contoh yang lain ya..? yang lebih umum sehingga mudah dimengerti..

Misal ada sebuah operator internet PT. A menjual koneksi CDMA 1x (kecepatan maksimal cuma 130 kbps), sedangkan operator internet PT. B menjual koneksi EVDO rev. A (kecepatan maksimal 750.000 kbps)
Saya :”Sendainya Bagus jadi salesman operator PT. A, apa yang kamu lakukan..? apa mengundurkan diri..? karena produkmu kalah canggih dengan kompetitor..?”
Bagus :”Itulah masalahnya pak.. kalau saya bekerja di PT A, pasti saya mengundurkan diri.. bagaimana mungkin teknologi cdma 1x mengalahkan EVDO rev.A..?”

Padahal cara mengatasi hal itu sangat gampang sekali, dan ini yang dilakukan oleh mantan staf saya yang saat ini bekerja disebuah operator yang menjual CDMA 1x. “Kebutuhan bapak apa..? kalau hanya browsing, chating pakai YM atau FaceBook, cdma 1x masih bisa mengatasi.. enaknya lagi cdma 1x ini bisa menjangkau pelosok desa di seluruh Indonesia, dan konek sebulan penuh cukup bayar 25 ribu saja, mana tahan..?? kalau menggunakan EVDO Rev.A, cuma bisa nyambung di surabaya pusat saja pak..!!”, pilih mana hayo..? Contohnya masih kurang..? Ok lanjut lagi

Misal nih.. ada kaos bagus, mulai komposisi warna, desain, jahitan dan bahan, harganya Rp 350 ribu, terus kaos biasa harga Rp 75.000 ribu.
Saya :”Menurut kamu bagus mana..?”
Bagus :”Bagusan yang kaos harga Rp 350 ribu..”
Saya :”Terus kamu mengundurkan diri..”
Bagus :”Jelas iya pak…!!”

Padahal cara mengatasinya gampang.. kalau bapak jalan-jalan ke mall pakai kaos Rp 350 ribu, pasti keren dan kelihatan tampan.. tapi kalau bapak berkebun yang tanahnya kotor banyak pupuk kandangnya (terbuat dari kotoran kuda/sapi), mencuci mobil atau sedang menyetel mesin motor Harley Davison (yang banyak olinya), bapak pilih kaos yang Rp 75 ribu itu atau yang Rp 350 ribu..? pilih mana hayo..? Contohnya masih kurang..? Ok lanjut lagi..

Ada mobil sedan, masih baru, mesin halus, nyaman, aman, irit terus ada mobil stationwagon (mini bus) bekas, boros, jelas tidak nyaman..
Saya :”Ayo bagaimana Gus..?”
Bagus :”Hmmm.. ha.. ha.. saya mau marah sama perusahaan, kenapa tidak mendidik saya..”
Saya :”Lah.. kamu gak tanya ke sales managermu to..?”
Bagus :”Lah.. sudah mengundurkan diri kog pak.. sekarang lowong..?”
Ha..?? loh jangan-jangan.. wah jangan berpikir negatif ah… Contohnya masih kurang..? Ok lanjut lagi..

Saya :”Gus.. kamu naksir Farida ya.. Farida blok I.. hayo ngaku…!!”
Bagus :”Iya pak.. menurut bapak bagaimana..?”
Saya :’Ha.. ha.. saya juga pernah muda Gus.., kamu tahu gak.. Faisol juga naksir Farida.. Faisol orangnya ganteng, sori ya.. jangan marah.. Faisol kelihatannya juga lebih berduit daripada kamu.. terus kamu mau bagaimana..? mengundurkan diri dari persaingan atau malah maju..? Hayo pilih mana…?”
Bagus :”Oh.. Farida, my darling.. janganlah engkau terpancing dengan wajah tampan dan dompet tebal, tapi lebih baik carilah seorang pria yang tulus cintanya.. dan tak akan pernah menduakan dirimu.. Pilih mana hayo…?” Contohnya masih kurang..? Ok lanjut lagi.. eee contohnya sudah 5, cukup ya..?

Saya :”Ha.. ha.. pinter kamu Gus.. aku lapar..”
Bagus :”Pak.. pak… saya traktir pak.. ha.. ha..!!”
Saya :”Tumben kamu punya duit.. klo mau nikah.. memang harus rajin nabung Gus..”
Bagus :”Bapak darai mana tahu kalau Faisol naksir Farida..?”
Saya :”Dari Faisol sendiri..”
Eehem.. padahal bukan.. yang nyuruh saya ngomong gitu ya Farida sendiri.. EE.. nglantur.. ini blog bisnis dan karir kog malah urusan comblang ha.. ha..

Ooo iya terus untuk men treatment agen-agen itu bagaimana..? next post ya.. si bungsu lagi mutah dan demam nih.. waktunya minum obat..

Semoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi..

11 comments on “CARA MENJUAL PRODUK YANG JELEK BANYAK KEKURANGAN DAN KELEMAHAN

  1. bos aku kasih ide unik neh bos.,….
    tau gk cara produsen mobil biar laku mobilnya…. berdasarkan analisa saya….
    rata rata orang sebelum beli mobil pasti nyari di internet tentang kekurangan dan kelebihan mobil yang pengen dia beli…… kata kunci “kekurangan dan kelebihan” inilah yang sering dijadikan kata kunci untuk nyari di gogle…. misalnya kekurangan dan kelebihan avanza,,,, atau kata kunci lain itu “perbandingan mobil x dengan mobil y”… trus sama produsen ini mereka masuk ke kaskus dan membuat pertanyaan ke kaskuser tentang perbadingan mobil atau kelebihan dan kekurangan produknya,,,, langkah selanjutnya mereka bikin account sebanyak2nya di kaskus trus seolah ngejawab dengan sebaik2nya produknya…. tapi jgn sekali kali melakukan ide tsb di koran / media massa,,,,, gk efektif bos…. editor koran udah pada paham trik2 kayak gini,,,,,, okey…. good luck

    • ide yang luar biasa.. langsung dikerjakan saja mas ini banyak uangnya loh.. klo saya sih gak bisa di SEO nya, gimana caranya kalau di search di google bisa masuk halaman satu paling atas.. pemakai komputer dalam 5 tahun kedepan sangat banyak,, buktinya adalah anak SD sekarang sudah wajib komputer.. untuk promosi menggunakan internet 5 tahun kedepan jelas efektif plus cost per headnya jelas lebih murah..

  2. kalau cara begitu sih … ketahuan dong begonya si salesman. masa cdma rev yang lebih canggih hanya bisa sampai surabaya dan jangkauannya lebih pendek daripada cdma 1x. metodenya absurb alias lebai banget

  3. Pingback: CARA MENJUAL PRODUK YANG JELEK BANYAK KEKURANGAN DAN KELEMAHAN « Man Jadda Wa Jadda

  4. Pak Adit, saya seorang sales yang bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. yang ingin saya tanyakan bagaimana cara nya saya dapat menjual produk perusahaan saya tersebut, bila produk itu sama dengan produk kompetitor dan produk saya mempunya kualitas yang kurang dibandingkan dengan produk kompetitor selain itu harga yang tidak bisa bersaing. sedangkan cakupan area pasar saya terbatas karena terkendala beberapa situasi untuk sementara waktu.

    cth/ilustrasi : saya bekerja di dealer A, kompetitor adalah dealer B. Dealer A dan B sama-sama menjual sepeda motor dengan merek Hon*a. akan tetapi dealer A dan B mengambil barang di tempat yang berbeda dan memberikan ^garansi^ yang berbeda ^garansi berbeda karena tempat pengambilan barang yang berbeda^.

    E-Mail : red_h3at88@yahoo.com

  5. Pak bagaimana cara manawarkan kalau prodak kita tidak ada iklan n lebih jelek tp kompetiter iklannya gencar n prodaknya jg baik?

Leave a Reply

