Cara Mengatasi Stan Pameran Yang Sepi

Stan pameran yang lain ramai tapi stan kita sepi, terus bagaimana..?

Postingan yang ke 1 dari 3, Oleh-Oleh Dari Pameran

Tiba-tiba saja, saya mendapatkan tugas untuk mengawal pameran ditiga tempat sekaligus dengan waktu yang bersamaan dan berhimpitan, dan persiapan yang sangat pendek.. tiga hari saja.

Saya sangat maklum bahkan mendukung adanya pameran yang diadakan pada bulan ramadhan, mengapa..? karena H-7 biasanya Tunjungan Hari Raya (THR) sudah dibagikan, jadi bagi orang yang mau pulang kampung bisa belanja oleh-oleh sebanyak-banyaknya dan murah lagi..!!, disamping itu kita yang disektor informal bisa merasakan gurihnya THR, masak yang dapat THR hanya orang di sektor formal saja, sementara para SPG atau Freelancer tidak dapat..? kasihan dong ha.. ha..

Masalah yang harus diantisipasi pertama kali adalah, bagaimana kalau stan pameran yang lain ramai, kemudian stan pameran kita malah yang paling sepi sendiri.. Tujuan ingin meningkatkan citra perusahaan dst, bisa malah berbalik minus 180%, apalagi kalau pesaing terdekat justru paling ramai dikunjungi orang..!! apalagi kalau perusahaan itu adalah perusahaan gurem kupret yang masih bau jahe.. ee kencur.. woww malu saya..

Untungnya untuk pameran kali ini, jumlah orang yang mengunjungi masing-masing stan rata-rata sama semua dan tidak ada kompetitior yang beradu “head to head” yang sepanggung, jadi bisa tenang tidak terlalu ngoyo bersaing, malah masalah bisa kita lemparkan (di kambing hitamkan) kepada panitia, event organiser kepada peserta lain yang brengsek ha.. ha.., kepada suasana yang masih bulan puasa jadi ritmenya berubah semua, atau kepada hujan.. ya kepada hujan.. yang tiba-tiba mengguyur Surabaya dengan derasnya ha.. ha..

Sebelum pameran saya membentuk tim gila, tim ini tugasnya adalah menyiapkan beberapa hal gila yang bisa menarik dan mendorong pengunjung agar ke stan, jurus-jurus yang disiapkan adalah :
1. Ada makanan dan minuman gratis, dan supaya pengunjung bisa duduk-duduk dilobi yang sempit.. Jadi begitu ada orang jalan lewat, kepalanya nengok sedikit saja..!! langsung kita tangkap dan diproses dilobi.. ha.. ha..
2. Mainan anak-anak, atau pernak-pernik untuk anak-anak, biar mamanya tenang mengikuti pameran atau penjelasan.. Bila ada anak kecil yang rewel atau lucu langsung kita gemes-gemesin.. (jangan mamanya yang digemesin..!! itu ngawur namanya) bisa kita kasih permen, mainan, kalau anak perempuan kita kasih gelang atau kalung nah.. mamanya nanti ngikut.. kemudian kita ajak ngobrol pasti mamanya ikut tenang..
– Kalau ada anak ABG bagimana hayo..?
3. Permainan yang lucu-lucu… Bermain-main bersama Tukul.. pasti lucu bukan.., bahkan ada game yang lebih menarik dari pada stan pameran itu sendiri, ha.. ha.. saya jadi ingat ada sebuah mobil yang semua komponennya bisa bunyi (mobil reyot) kecuali belnya (klakson).. ha.. ha..
4. Mendatangkan Luna Maya… Pasti stan kita ambruk berantakan diserbu pengunjung.., tapi sebelum ambruk.. saya mau tanya duluan sama Luna :”Mbak Luna.. ini bener atau enggak sih..?” soal saya belum lihat videonya ha.. ha..
5. Demo yang heboh, sulap dan lain lain, ada banyak tuh..

Hmm.. saya dan tim (bukan ide saya doang) mengumpulkan lebih dari 20an cara yang ekonomis dan praktis-praktis saja.. coba cari sendiri ya..?? kalau sudah menemukan kirim ke email saya yack..!! ada THR ha.. ha..

Oooo ya.. untuk membuat agar stan ramai dikunjungi, perhitungkan juga biayanya, cari yang murah, gampang menjalankannya dan tidak perlu orang banyak.. terus program ini harus bisa dirunning memlalui MC di Stage atau di running melalui stan..

Salah satu cara mendongkrak pengunjung ke stan pameran adalah dengan talk show yang diadakan dipanggung, selama talk show baik nara sumber maupun MC selalu mengarahkan pengunjung pameran untuk bersedia berkunjung ke stan, nih foto saya.. (tumben ada fotonya ha.. ha..)

Setelah talk show, penjualan di stan naik 5 kali lipat lohh… Wooooooowww

Pameran kali ini adalah pameran yang pertama kali saya ikuti selama bulan puasa.., Hmmm memang kejadiannya agak unik.. Pada pukul 10.00 – 14.00 wib masih sangat sedikit pengunjung.. menjelang pukul 15.00 wib mulai banyak pengunjung, namun sebagian besar adalah untuk belanja dan langsung nongkrong di restoran untuk siap-siap berbuka puasa.., setelah buka puasa tiba-tiba saja banyak pengunjung yang datang dan bersedia melihat pameran namun waktunya tidak lama sebab pada pukul 21.30wib para pengunjung sudah sepi semua..

Yang lainnya…? tunggu post yag ke dua ya…! kita bahas per segment saja OK..?

OOO… Iya… MOHON MAAF LAIHIR BATIN YA….

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Ispirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s