Membuat Poster Efektif

Saya mengamati sebuah poster besar disamping kasir Factory Outlet. Layout posisi poster itu urutannya sebagai berikut :
1) adalah tempat orang antri membayar, panjang antrian sekitar 2-3 meter, kemudian sebelah kirinya adalah 2) Kasir, kemudian sebelah kirinya lagi. 3) Pembantu Kasir yang tugasnya menyerahkan barang, dan sebelah kirinya lagi. 4) Poster yang ditempel di dinding. Ukuran poster itu cukup besar 140 x 80 cm, poster itu diletakkan persis pada pandangan mata orang, jadi untuk melihat orang tidak perlu mendongak atau merunduk, sekali pandang pasti langsung “bertatap muka” dengan poster itu, karena posisinya di sebelah paling kiri. Perhitungan saya, selama antri menuju ke kasir (misal selama 10 menit), maka orang yang antri pasti sudah selesai membaca semua informasi yang ada di poster itu, dan sudah pasti produk yang ada pada poster itu laku, biaya parkir poster itu konon per bulan Rp 100ribuan, minimal parkir 6 bulan.

Hmmm.. sebentar mengapa ya… saya tiba-tiba menjadi ragu setelah setelah melihat pandangan orang-orang yang antri di kasir itu… Tiba-tiba saya fokus melihat kasir dan pembantu kasir itu dengan… Tiba-tiba tangan saya dicubit…
Istri :”Ayo pa.. sudah jangan dipandang terus.. cewe yang di kasir itu memang muda dan cantik.. tapi terus papa mau apa sih..?”
Saya:”Loh.., ma.., papa itu tidak melihat poster.. tapi papa melihat kasirnya itu lo….!!” UUpss.. loh kog saya ngomongnya jadi kebalik ya..?, refleks yang buruk nih…
Istri:”Aduh.. papa bikin malu saja..!”
Wah jadi gawat nih…, malam malam yang panjang pasti gak bisa asyik lagi nih… Hmmm enggak juga ya,,, malah malam-malam panjang bisa nonton sepak bola piala dunia terus-terusan tanpa ada yang mengganggu.. jadi malah senang dong ha.. ha..

Poster tadi mengiklankan produk untuk pria dan produk tersebut juga dijual di Factory Outlet ini, karena itu saya bisa menayakan ke SPG, dalam sebulan produk ini sudah laku berapa ya..? Loh kenapa gak laku ya..? Apanya yang salah dari poster itu ya..?

Brosur Poster
Bentuk 1. Kecil, satu lembar, namun ada yang bi lipat atau tri lipat
2. Bila halamannya banyak distapler/ dijahit benang biasa disebut booklet
3. Ada yang kotak, bunder, ada juga yang 3D
1. Besar, kotak/bunder dll, 2. Biasanya satu halaman muka, skr ada mesin penggulung poster otomatis, bisa 2-4 poster sekaligus dlm satu tempat parkir
2. Ada yang dipigora dan diberi kaki, Ada yang 3D
han Kertas dari berbagai macam jenis dari murah s/d mahal Kertas, plastik, ada yg belakang atau depannya
dikasih lampu neon (neon box)
Contoh

ifoell.blogspot.comSaya ambil dari ifoell.blogspot.com

Fungsi poster dan brosur sebenarnya sama, brosur bisa untuk edukasi, poster juga bisa, tapi kata-kata dalam poster lebih sedikit, brosur bisa digunakan untuk informasi, poster juga bisa, namun kata-katanya lebih sedikit, poster juga bisa untuk sosialisasi/persuasif, larangan, peringatan, tanda bahaya, dan lain-lain. yang jelas kata-kata dalam poster tersebut tidak bisa banyak.

Kalau kata-katanya sedikit, berapa sih jumlahnya..? gunakan saja patokan judul koran, coba ambil sebuah koran, kemudian lihat judulnya.. maka sudah pasti judul head line koran tidak lebih dari 6-7 kata, betul…? kalau masih kurang, biasanya ditambahkan kata-kata lagi dibawah head line namun juga tidak lebih dari 7 kata betul..? Mengapa harus demikian..? karena orang harus bisa membaca, dan paham artinya, hanya dalam waktu kurang dari 7 detik saja.. Teman saya, sudah merasa membaca koran, hanya dengan membaca judul head line koran saja.. dan setelah saya survey memang benar, 65% orang merasa cukup hanya dengan membaca head linenya saja.. kalau Anda..?

Kalau kata-kata sedikit mana bisa efektif..? loh.. justru sangat bisa, karena poster dirancang dengan kaya gambar atau ilustrasi grafis terutama untuk kasus-kasus di bawah ini :
1. Untuk orang yang kesulitan membaca/buta huruf atau orang yang senang melihat gambar (seperti anak TK/SD).
2. Ada orang yang lebih cepat mengerti bila penjelasannya disertai gambar atau grafik.
3. Memang ada hal-hal yang susah untuk diungkapkan melalui kata kata.. hanya bisa diungkapkan melalui gambar..
contoh putri sulung saya ini cantik, rambutnya hitam mengkilat (mengkilat apa kaya sepatu kulit..?), terus kulitnya kuning langsat (kuning seperti bunga kana..?), terus hidungnnya mancung.. (masak seperti pinokio..?) dari pada susah ngebayang.. bagaimana kalau gambarnya saya upload saja setuju..?

Nih gambarnya… cantik ga..? Putri saya ini lagi nyanyi di salah satu resto di Surabaya

Berhubung kata-katanya sedikit, jadi apa yang harus dituliskan pada poster..?, sangat bergantung dari target pembaca poster itu siapa..!! dan tujuan poster itu apa..!!, kalau poster itu ditujukan untuk iklan maka saran saya adalah :
1. Cantumkan manfaat, bukan informasi..(tentu disebutkan brand nya sekalian)
2. Cantumkan ajakan untuk bertindak.. (kalau bisa persuasif)
3. Keterangan seperlunya (termasuk alamat, dll)

Pada poster tersebut syarat-syarat ini sudah dipenuhi :
Mencantumkan manfaat, tulisan ini ditaruh agak atas
Head line : “Bersiap-siaplah TERBANG Ke Johannesburg bersama XXX”
Sub Line : “Nonton Final Piala Dunia 12 Juli 2010, SEMUANYA GRATIS”
Mencantumkan ajakan untuk bertindak, tulisan ini ditaruh agak bawah
Beli XXX Sekarang, Rasakan Kesegarannya, dan Rayakan Goal Celebration
Mencatumkan keterangan, tulisan ini ditaruh paling bawah
Caranya sangat mudah : kirim melalui email, Nama, Alamat, No KTP,
Nama Toko & Nomor struk pembelian ke VdityV@gmail.com, sebelum 30 Mei 2010

Gambar atau grafis pada poster tersebut juga sudah memenuhi syarat, yaitu mendukung judul head line dan manfaat produk : Gambar pria macho, suasana gembira merayakan pesta goal, latar belakang afrika, dan gambar produk.

Saya yakin copywriter seniorpun akan setuju dengan kata-kata yang dicantumkan di poster itu. kalaupun ada kritik, saya hanya meyarankan supaya lebih persuasif lagi, dengan menambah kata-kata sbb: “Kapan ada kesempatan seperti ini, kalau gak sekarang..??”

Secara keseluruhan, menurut saya poster itu sudah bagus, tepat sasaran, ukurannya pas, komposisi warna garfis pas, posisi pemasangan (layout) juga sudah pas, semuanya serba pas..

Tapi mengapa produknya gak laku.. ? padahal harga produk cuma Rp 7.000,-/botol. Bandingkan dengan hadiahnya.., jelas gak sebanding kan..? orang iseng saja tidak akan rugi kan..?. Alasan tidak mau membeli di Factory Outlet karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan suppermarket, jelas ditolak.., sebab selisihnya cuma 200 rupiah saja, no more..!!

Setelah sehari berpikir, Hmm… saya tahu sekarang, mungkin jawaban ini kebenarannya 70% ha.. ha.. Di Blok itu kan tempatnya pakaian pria, dan semua pria yang antri di kasir situ pasti deh.. dicubit tangannya ha.. ha…ha… Anda punya jawaban lain..? silakan komen ha.. ha.. ha..

Kalau begitu pilih mana SPG cantik, brosur atau poster, atau SPG cantik yang bawa poster..? ha.. ha.. ha..

Selamat menikmati Brasil VS Belanda, saya menjagokan Brasil dong..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Isnpirasi

Advertisements

2 comments on “Membuat Poster Efektif

  1. Pingback: Membuat Poster Efektif | SOLUSI BISNIS & KARIR ANDA | Iklan Internet Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s