Cara Menghitung Penetrasi Pasar

Cara Mengetahui Apakah Pasar Sudah Jenuh, Analisa ini juga penting saat kita akan merancang produk baru..

Saya :”Apa kabar mbak..? bisnis air isi ulangnya tambah maju kan…?”
Indah:”Ya baik-baik saja Dik..(kalau orang MLM jawabnya Luar Biasa), Lumayan (kalau orang MLM jawabnya Sangat Menyenangkan), tapi akhir-akhir ini pasar sudah jenuh..jadi sudah tidak ada kenaikan penjualan lagi..!!”
Saya : “Oh ya..? mosok mbak pasarnya sudah jenuh..? opo wis dihitung..?”

Rumus Penetrasi Pasar

JP
PP = ————— x 100%
JPP

PP = Penetrasi Pasar
JP = Jumlah Penjualan
= (Jumlah penjualan produk kita + Jumlah penjualan kompetitor 1 + kompetitor 2 + … dst)
JPP = Jumlah permintaan pasar potensial (yang mungkin)

Saya pernah menghitung penetrasi pasar obat-obatan, tantangannya terbesarnya adalah mencari datanya itu dimana, tapi apa boleh buat kalau nilai investasi sebesar 3 Miliar..!! mau gak mau kita harus mau menyisihkan uang untuk melakukan riset pasar, untuk memastikan apakah feeling kita tidak terlalu meleset jauh dengan fakta-fakta yang ada..

Menentukan JPP ?

Jangkauan toko air isi ulang ini berapa luas sih..? menurut mbak Indah kalau pelanggan mengambil sendiri galonnya, pelanggan paling jauh 3 km, tapi kalau punya armada pengiriman yang memungkinkan pelanggan cukup telepon dan galon air dikirim ke pelanggan, jangkauan pelanggan bisa sampai 5 km, bagaimana kalau kita patok satu kecamatan saja..? (kalau tidak setuju silakan didiskusikan..) Menurut mbak Indah sendiri sekecamatan kelihatannya lebih cocok..

Terus jumlah total Kepala Keluarga di Kecamatan Wiyung berapa sih..? datanya bisa diperoleh dari kantor kecamatan Wiyung secara gratis sebanyak 16.337 kepala keluaga (KK),

Nah angka JPP ini perlu dikoreksi dong.., sebab tidak semua orang mampu/ sadar/ mau beli air isi ulang ini toh..?
1. Berapa % keluarga yang mampu membeli..? berdasarkan data di kecamatan, KK yang miskin mungkin 30 %,
2. Berapa % keluarga yang sadar kesehatan..? sebab ada yang mengatakan PDAM Sby hanya bisa di minum oleh hewan ha.. ha.., sebaliknya ada yang mengatakan PDAM Sby ini masih OK.., berdasarkan survey tahun 2002, yang sadar kalau PDAM Sby kualitasnya jelek adalah 70%, jadi yang masih mengkonsumsi PDAM 30% kan..

jadi JPP = 16.337 x 30 % x 30 %, wow.. JPP = 1470 KK

Menentukan JP ?

Pelanggan air isi ulang mbak Indah ada 88 KK, nah jadi JP mbak Indah = 88 KK
Kompetitornya ternyata ada 2, yaitu depan pasar dan depan komplek perumahan.., setelah disurvei :
yang depan pasar setiap bulan laku 630 galon dan yang di depan komplek perumahan 870 galon, wah kog satuannya beda ya..? enaknya pakai satuan galon atau satuan KK, yup.. kita pakai satuan KK aja..
Bedasarkan survei, rata-rata setiap KK membutuhkan 8 galon tiap bulan, jadi
JP kompetitor depan pasar = 630 / 8 = 78,75 dibulatkan 79 KK
JP kompetitor di depan komplek = 870 galon / 8 = 108,75 dibulatkan 109 KK

Breaking Newss :
GOOOLLL UK baru saja memasukkan gol ke USA, kapok lu USA..?
padahal baru 2 menit berjalan..
Lanjut lagi

Jadi berapa Penetrasi Pasar dari Air isi Ulang ini..?

88 + 79 + 109 276
PP = —————- x 100% = ——- x 100 % = 18 %
1470 1470

Kesimpulan..?

saya : “Pasarnya belum jenuh mbak.., kalau sudah mendekati 50% mungkin sudah susah, ini masih 18 %”
Indah: “Tapi sebentar lagi ada pesaing baru yang akan masuk”
saya : ” Gak masalah mbak..!! karena kalau ada pesaing masuk, kadang malah ikut membesarkan JPP nya”
Indah :”Loh kog bisa ya..?”

Bisa saja.. dulu ketika saya masih menjual vaksin cacar air sendirian, tanpa ada kompetitor sama sekali, salesnya cuma 300 vial perbulan.. namun setelah ada kompetitor masuk, lah kog bisa ya.. penjualan saya malah meningkat menjadi 500 vial per bulan, sementara pesaing yang masuk juga mendapatkan sales sebanyak 130 vial per bulan..? Jawabnya : karena dua perusahaan sama-sama melakukan promosi dan edukasi kepada masyarakat, maka JPPnya otomatis meningkat karena kesadaran masyarakat akan kebutuhan vaksin cacar air menjadi meningkat.

Jadi sebaiknya yang dilakukan mbak Indah adalah membuat strategi baru agar :
1. Toko air isi ulang ini bisa merebut pangsa pasar kompetitor atau
2. Meng edukasi masyarakat akan pentingnya air sehat,

Cara yang ke 2 ini, harus hati hati sebab JPP meningkat tapi kalau kemudian direbut oleh kompetitor bagaimana..? terus.. bagaimana caranya agar tidak direbut kompetitor..? next post ya..!!

Kalau saya sih gak peduli pasar itu jenuh atau tidak, kalau marketer sejati mamang harus berani terjun dan bertanding untuk merebut pangsa pasar kompetitor.. begitu..

Breaking Newss :
GOOOLLL, waduh.. tangan kiper UK gak ada lemnya sama sekali ?, masak bisa mrucut lagi..!! waduh..!! UK = 1 : USA = 1,
Lanjut lagi

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi..

Advertisements

3 comments on “Cara Menghitung Penetrasi Pasar

  1. sepertinya karena piala dunia bulan juni ini posting’an cuma satu aja ya.. padahal ak dah g sabar neh baca solusi2 yg lain…

      • g usah repot2 cari pa… ntar sya kirimin tp bapak posting’ya yang banyak ya…biar saya tambah banyak ilmu neh…
        xxxiiixiixiiiixxxiiiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s