Jadilah Yang Pertama Pasti Menang Dan Dikenang

Lalu bagaimana jika produk atau jasa kita adalah nomor ke 2, 10 atau bahkan produk yang ke 1000..?

Saya sangat ingat sekali, buku marketing yang saya beli pertama kali adalah 22 hukum tetap pemasaran, karangan Al Ries & Jack Trout. Jadi bukan karangannya Philip Kotler, kalau buku yang itu sih saya dapatnya dari pinjam ha.. ha.. Saya jadi ingat mengenai masalah ini karena 3 minggu yg lalu ada SMS yang masuk tulisannya begini “Pa.. Bagaimana cara mengalahkan pesaing..?”, Loh.. seingat saya sudah pernah saya postkan cara-cara mengalahkan pesaing atau kompetitor..

Hmm.. baiklah sekarang saya berikan jurus baru judulnya begini ” Jadilah Yang pertama Maka Produk atau Jasa Anda Akan Menjadi Pemimpin Pasar Dan Dikenang Selamanya” ini adalah judul bab I dari buku 22 hukum tetap pemasaran..

Apakah yang pertama selalu memimpin pasar..?
Buktinya adalah :
* Rokok A-Mild adalah rokok rendah tar pertama.., saat ini sudah banyak rokok rendah tar yang lain, bahkan mungkin ada merek yang lain yang tarnya lebih rendah dari pada rokok A-mild.., namun orang tidak mau peduli lagi.. dan sampai sekarang A-mild masih memimpin pasar..
* Contoh lain adalah minibus Kijang, meskipun diserbu Kuda, Serena, Panther.. ya tetap aja kuat..
* Gilete (silet) yang pertama.. dan sekarang masih tetap tajam.. bahkan merek yang lainpun disebut silet.. ha.. ha..
Coba cari contoh yang lain..

Apakah yang pertama selalu dikenang selamanya..?
Buktinya adalah :
* Siapakah yang mendarat di bulan pertama kali..? Anda pasti bisa menjawab Neil Amstrong, siapakah yang mendarat di bulan untuk yang ke 6 kali..? Oooo siapa ya.. ???
* Siapakah penemu bola lampu…? Alfa Edison, Siapa penemu lampu halogen..? Oooo siapa ya.. ???
* Merk air mineral apa yang Anda kenal..? Aqua.., bahkan ketika sedang minum air mineral merk Total, ya tetap ngomong sedang minum Aqua.., beli Aqua di warung, kemudian diberi Club ya mau aja.. ha.. ha..
* Pacar pertama Anda siapa..? hmm.. tentu melekat di ingatan..! mengapa..? karena dialah yang pertama.
Coba cari contoh yang lain..

Memang belum tentu bahwa yang pertama selalu menang, ada juga yang akhirnya tumbang dengan pemain baru. Contohnya.. I like Supermi.. ini adalah mie instan pertama.. namun tumbang oleh keperkasaan Indomie.. Namun secara umum produk pertama relatif masih bisa bertahan.

Nah sekarang permasalahannya adalah produk kita bukan yang pertama.. contoh nih… Pepsodent adalah pasta gigi yang sudah lama dan dikenal luas oleh masyarakat… kemudian kita punya produk pasta gigi juga.. otomatis produk kita adalah yang nomor ke sekian bukan…? lalu “Pa.. bagaimana caranya supaya produk kita menjadi yang pertama kali masuk..?” begitu bunyi SMS nya..,

Salah satu caranya pakailah positioning.. lagi-lagi positioning.. (ini sudah sering saya postkan) contoh nih.. misal kita punya pasta gigi Close Up.. maka yang kita tawarkan kepada masyarakat adalah Close Up pasta gigi untuk orang pacaran.. ha.. ha.. dengan keharuman nafas yang tahan lama.. bau mulut hilang seketika.. maka Close Up menjadi pasta gigi yang pertama untuk kategori pasta gigi orang pacaran (yang ingin diraih adalah pangsa anak muda dan para duda janda.. ha.. ha..)

Contoh lagi nih.. kita mau jual bakso.. banyak tuh penjual bakso yang bertebaran, kalau kita masuk begitu saja maka kita adalah penjual bakso yang nomor 10 juta..? betul..? mana mungkin kita bisa menjadi yang pertama..? yah.. kita buat saja bakso dari daging buntut sapi.. , maka kita menjadi resto pertama yang menjual bakso buntut sapi.. atau bakso yang bentuknya piramid atau bakso isi kacang , atau bakso selang seling yaitu daging sapi yang dicampur dengan daging udang.. dst.

Uupss.. jadi positioning bisa digunakan untuk :
1. Membedakan antara produk atau jasa kita dengan produk pesaing, sehingga kita tidak punya pesaing..
2. Menjadikan produk atau jasa kita nomor pertama untuk kategori yang baru saja kita buat..
3. Next post…

Seandainya saya menjadi produk manager Kuda.. maka saya akan mengatakan bahwa Kuda adalah minibus yang….? bayar dulu dong sama saya.. ha.. ha..

Kalau Anda pacar yang ke sekian maka.. Hmm ini kan blog bisnis dan karir.. ngapain bahas yang ginian, ha.. ha..

Cara lain agar produk kita menjadi yang pertama kali masuk masih banyak.. tunggu post berikutnya ya…!!

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi

Advertisements