Pentingnya Wawancara Saat Pengunduran Diri

Terutama untuk para managers, atau HRD

Saya pernah mengikuti kuliah teknik wawancara dan survey, dosen saya (dari UNAIR) waktu itu memberikan gambaran yang luas, tidak hanya berkaitan dengan statistik atau yang berhubungan dengan data, bahkan beliau mengatakan teknik wawancara survey ini bisa digunakan untuk menjual, so pasti waktu itu saya gak percaya..!, belakangan baru tahu kalau itu namanya sales script (berisi simulasi pembicaraan antara salesman dengan pelanggan)

Setelah masuk dunia kerja ternyata teknik wawancara dan survey ini digunakan untuk beberapa keperluan. Contohnnya bapak Komjen Susno Duadji menggunakan tenik ini untuk memeriksa para saksi dan tersangka (jaman sekarang gak usah pakai pukul-pukulan betul ?). Caranya yaitu menggunakan probing (kalimat tanya terbuka maupun tertutup), kalimat tanyanya adalah menggunakan 5w+h what, where,…, how kemudian dikembangakan lagi dengan what if dan Upss… stop sampai di sini ya..! ini kan blog bisnis.. kalau diteruskan nanti malah melenceng ke teknik kontra interogasi dst, wiiii malah serem..

Tenik ini juga digunakan saat performance appraisal (penilaian kinerja para karyawan selama enam bulanan) oleh atasannya, baik secara obyektif  (kalau di sales ukurannya target, untuk dbt kolektor ukurannya jumlah tunggakkan, kalau di admin ya dst, dst) menggunakan alat bantu biasanya formulir sebanyak 2 lembar (ada yang 10 lembar loh.. wah.. wah..) yang harus diisi, dan secara subyektif..!!.Nah karena secara subyektif ini tidak bisa dibuatkan angka-angkanya, maka teknik wawancara inilah yang seharusnnya digunakan seluas-luasnya. Saat performance appraisal, saya sangat hati-hati jangan sampai orang yang pekerjaannya baik mestinya gajinya naik tapi saya laporkan jelek sehingga gajinya tidak naik.. promosi juga gak dapat.. Hmmm gak usah di bilang dosa..!! karena akibatnya sudah bisa dirasakan di dunia yaitu demotivasi, salah penempatan so pasti kinerja tim  tidak optimal.. dst dst.
Oleh sebab itu wahai para Manager, kuasailah teknik wawancara ini..!. Saya dulu.. waktu masih anak buah malah menggunakan teknik ini untuk mendapatkan penilaian yang sebaik-baiknya ha… ha.. (kancil nih.. kalahnya malah sama kura-kura, opo maksute ..?)


Wawancara ternyata juga bisa digunakan untuk merekrut karyawan, untuk teguran dst, dst next postnya ya..? nah  yang lebih mau saya fokuskan di tulisan saya ini adalah pentingnya wawancara saat karyawan mau mundur atau resign, antara lain :
1. Keluar masuk karyawan bisa dicegah.. siapa tahu ada keruwetan di organisasi.. biaya iklan rekrutment itu mahal loh.. belum biaya trainingnya.. pengalaman saya, karyawan baru yang  erpengalaman sekalipun baru menampakkan peak performancenya setelah 6 bulan bekerja.. data ini diambil dari performance appraisal 6 bulanan, kelihatan grafiknya mulai naik setelah bulan ke 4.. Akibatnya target 6 bulanan dan 1 tahunan bisa gagal.. gak jadi liburan di luar negri  kan.? .hiks hiks.. (Hmmm xi xi xi, sama wk wk wk, hiks hisks itu singkatan apa sih..? saya sering menemui tulisan ini di blog blog tapi gak tahu artinya.. ha.. ha..)
2.Untuk memperbaiki citra perusahaan atau organisasi.. ini penting..! biar orang yang keluar, mungkin  karena terluka atau benci tapi tidak rindu babar pisan (benci 0,000001 mati), agar tidak menyebarkan berita buruk kepada perusahaan barunya, pelanggan atau kepada calon pelamar yang akan masuk ke perusahaan kita..
Sebagai contoh : wow.. sekarang ini kan musimnya facebooker.. ada salah satu karyawan merasa tidak puas, mengundurkan diri, 1 minggu kemudian memuat hal-hal yang buruk di facebook, mungkin saja bisa kita tuntut secara hukum dan menang, tapi siapa yang mau percaya..? lebih percaya mana antara Prita yang dikalahkan oleh pengadilan sama rumah sakit Omni yang menang di pengadilan.?. apalagi kalau nama-nama pribadi pribadi disebut sebut-sebut aduh..!!
3. Siapa tahu ada masalah tersembunyi.., sebab ada karyawan yang pintar menyimpan perasaan..,  masalahnya sebenarna di suruh lembur terus-terusan tapi gak ada uang tambahan, jangankan uang tambahan makan malam  aja ga dikasih.., tapi alasannya “saya tidak mampu kerja lagi karena harus pulang lebih cepat karena merawat ibu yang sakit..” tujuannya biar bosnya ini tidak tersinggung atau marah..

Tips wawancara..!!
1. Ups… kalau mengarah kepada kebencian seseorang yang mana atasanya langsung.. namanya atasan juga manusia kan.. saya juga manusia.., sebaiknya wawancara dilakukan oleh orang lain misal HRD yang netral.
2. Anda cukup mendengar saja dan  jangan menyerang balik atau jangan membenarkan tindakan perusahaan atau atasan yang menjadi musuhnya.. kalau diserang biasanya malah jadi bisu tidak keluar lagi.. bagi dia ngapain susah-susah.. buat apa..? wong dia sudah keluar .. tapi Anda akan kehilangan informasi..  meskipun tidak menyerang balik tapi betulkanlah anggapan-anggapan dia yang keliru terhadap perusahaan atau atasan.. sehingga dia akan berpikir 20 kali untuk menulis di facebook.. jangan-jangan saya malah memfitnah orang..!!
3. Pertanyaan yang digunakan sebaiknya kalimat tanya terbuka, yang memungkinkan jawaban bisa luas contoh : :Mengapa Anda keluar..?,
Apa kritik dan saran terhadap perusahaan..?
4. Gunakan pertanyaan tertutup untuk memperjelas maksud dia .(jawaban yang berisi  hanya ya/tidak atau terbatas dinamakan pertanyaan tertutup..) Contoh :
Apakah Anda keluar ini karena sikap Atasan Anda…? (ya/tidak)
Anda keluar  karena masalah gaji atau karir yang mandek..? ( mungkin gak ya dijawab atau..?)
5. Situasinya dibuat santai.. setel musik kesukaannya.. jangan formal.. buat pertemuan ini semanis  mungkin, siapa tahu dia malah menyesal keluar.., dan menulis dii facebook tentang manisnya kerja di perusahaan ini..
6. Untuk membongkar alasan yang tersembunyi pakai saja teknik kerucut..

yupsss.. saya teruskan next post ya.., saya harus berangkat mengantarkan anak yang SMPN1 Surabaya ini ekskul, Unasnya SMP surabaya jeblok kayak gini.. untung SMPN1 masih ngetop di Surabaya.. tapi anak saya yang SBI..  gak tahulah.. yang jelas tahun depan anak saya harus FULL EFFORT menghadapi UNAS

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s