Agar Penjualan Meningkat Naik

Jawablah lomba quiz true story ini kemudian dapatkan hadiahnya.. betul gak bohong…!! sudah ada yang dapat..!!

Kira-kira pada tahun 199x :
saya:”pak saya diajari marketing dong.. masak diajari biliar terus..”
Xut:”ngapain belajar marketing.. lu selling aja belum mahir gitu..!!”
sambil berkata demikain bp. Xut menyodok bola nomor 3, mantul kena bola nomor 15 dan masuk.. hmmm beliau ini ternyata mantan atlet biliar di Lampung..
saya:”pak kalau saya tidak diajari.. waktu bapak presentasi saya dan teman-teman akan mengroyok bapak.. biar bapak nanti mematung kaku di depan..”
Xut:”eee.. emangnya apaan..!!”
Bola nomer 3 yang dituju tapi yang masuk malah bola putih.. hmmm makanya jangan emosi.. taktik saya mengalahkan beliau berhasil.. ha.. ha..

Masalahnya adalah
Beliau pasti akan dikeroyok banyak orang karena masalahnya sbb :
1. Produk yang kita jual adalah X**X, isinya (bahan aktifnya) paracetamol indikasi untuk obat sakit kepala, akhir-akhir ini penjualannya merosot terus-menerus
2. Ada 10an produk kompetitor yang sebagian berasal dari perusahaan asing dengan nama P**l, P**X, B**X dll semuanya bahan aktifnya juga paracetamol dengan indikasi yang sama yaitu untuk sakit kepala..

3. Kompetitor yang lain bahan aktifnya tidak murni paracetamol namun di kombinasi dengan bahan lain.. seperti O*e.. dll, tapi klaimnya sama yaitu sebagai obat sakit kepala..

Akibatnya para merchendisernya (salesman) yang ada jawa barat dan jawa tengah.. mulai sakit kepala semua, pesaingnya banyak sekali.. Nah.. saat kritis dan genting seperti ini orang marketing dong yang seharusnya berperan.. betul gak..? salah juga sih.. !

Xut:”Oooo masalahnya itu to dit.. kemarin big bos juga sudah ngomong ke saya.. saya sudah ada jalan keluarnya kog.. tapi masih belum matang sekali.., bahkan saya sudah punya jawaban untuk masalah lain dari jawa timur, bali dan sumatra barat yang isunya lu belum tahu.. (ini untuk lomba berikutnya ha.. ha,,)
sy:”Kasih bocoran dong pak.. biar saya menang start dengan teman teman ha.. ha.. ”
Xut:”Enak aja lu..!!”
saya:”pak masih ada masalah lagi loh pak.. tapi yang ini belum dilaporkan.. kalo bapak gak kasih bocoran.. ya saya gak mau kasih bocoran tetang masalah yang satu ini..”
Xut:”Ya sudah.. simpan sana..”

bp. Xut mengincar bola delapan tapi malah kena bola 13 dan masuk.. rupanya beliau konsentrasi ke pekerjaan dan tidak konsentrasi ke biliar.. nilainya minus terus-menerus.. artinya strategi saya membuyarkan konsentrasi beliau berhasil.. dan baru pertama kali ini saya menang ha.. ha..

PERTANYAAN
Untuk mendongkrak penjualan X**X, apa kira-kira yang dilakukan oleh beliau yang pintar biliar ini..? ya secara otomatis juga mengalahkan pesaing yang jumlahnya puluhan itu..!!

Nih saya beri Clue..
1. Pernah saya singgung di postingan sebelumnya.. yang mana ya..? cari sendiri ha.. ha.. sebab saya sendiri lupa judulnya apa..? tapi yakin sudah kog..!!
2. Bisa dibaca di bukunya Oom Handi, pak de Hermawan, eyang Philipkotler dan di majalah-majalah marketing.., tapi yang ditulis disitu kebanyakan teorinya daripada aplikasinya..

Upss.. mumpung belum kelupaan nih..
Menurut penelitian yang saya baca di buku ataupun di internet, untuk menyembuhkan pusing kepala non spesifik, nyeri lain (seperti pada orang kencing manis) atau rasa tidak enak badan ternyata bisa disembuhkan menggunakan magnet.. Di Jepang pengobatan dengan magnet ini sangat ngetren sekali, sepatu istri yang saya beli dari sono di solnya ada magnetnya 6 buah dan kekuatan medan magnetnya cukup tinggi yaitu sekitr 1500 gaus.. dan istri saya merasa lebih sehat waktu menggunakan sepatu tersebut.. saya baru tahu kalau ada magnetnya setelah sol nya jebol.. di jepang tidak hanya sepatu yang diberi magnet, namun sabuk, gelang kalung, tempat tidur, bantal, guling, kursi, gelas air minum, topi dll semuanya diberi magnet.. dibandara-bandara banyak dijual tuh..
Nah sekarang ga perlu ke jepang cukup di surabaya, ada yang jual gelang magnet yang bagus.. brandnya GlobalMag.. brand yang ngetop di Hongkong.. medan magnetnya paling tinggi di kelasnya yaitu 3000 gaus.. dipasang secara unipolar agar “lebih mudah masuk ke aliran darah”, gelangnya kuat dan sangat presisi, modelnya top banget benar benar ciamik dah.. karena itu bisa digunakan untuk perhiasan.. ada model untuk wanita dan pria.. harganya dulu Rp 650.000,- karena perdagangan RI-Tiongkok membaik maka sekarang harganya turun jadi Rp.350.000,-/buahnya.. kalau mau beli telepon aja bp. Darwanto di 0813 310 858 02 (tsel), di sms juga boleh.. atau langsung meluncur ke toko Fuji Film di gubeng 32 G surabaya, depan taman manula gubeng.. saya sudah pakai dan hmmm… waktu pagi terasa efeknya.. lebih segar..

Ini gambarnya..:

OK Cluenya dilanjut lagi
3. Lupakan yang namanya iklan TV Radio Koran.. kemahalan tuh…
4. Lupakan yang namanya membuat event-event (lomba-lomba, music show dll), bisa-bisa saya gak kerja malah nungguin artis goyang..
5. Saya pernah menyarankan, mestiya kita riset lagi atau membuat obat yang baru.. tapi kata beliau “Bego lu.. biaya riset itu mahal.. butuh waktu lama lebih dari 5 tahun..!! itupun bukan dari riset dasar..!!, minta ijin depkes aja sudah susah..!!” Upss.. gak tahu sekarang loh.. mungkin lebih lama lagi ha.. ha..
6. Silakan survey diwarung obat sebelah rumah.. lihat-lihat obat sakit kepala siapa tahu menemukan jawabnya..
7. Jangan gunakan teknik-teknik selling, karena ini murni marketing loh..
8. Ternyata cuma satu langkah sederhana (gak nyangka.. bener saya gak nyangka) tapi dapat menaikkan sales sampai 80%.. pada tahun pertama..

Penilaian pemenang
Kriteria pemenang adalah yang menjawab paling mirip dengan strategi yang dibuat oleh beliau yang ganteng dan jebolan ITB ini, dan yang mengirimkan post yang paling cepat.. (makanya berlangganan RSS kan sudah disediakan..) kalau menurut panitia gak mirip ya gak dapat.. jangan marah ya plz.. keputusan tidak bisa diaganggu gugat.. Jawaban boleh lebih dari satu..
ooo.. tentu jawaban yang benar akan saya muat, biar gak penasaran.. Sori ya.. merek dagang dan nama lengkap beliau yang menjadi guru marketing saya ini, saya sembunyikan.. karena ada undang-undang IT baru yang bunyinya kurang lebih “tidak boleh membocorkan rahasia perusahaan..” wah bisa dituntut saya..

Hadiah Pertama untuk 1 pemenang adalah pulsa senilai Rp 50.000,-
Hadiah Hiburan untuk 5 pemenang adalah pulsa senilai @ Rp 10.000,-

Lomba Quiz ini di tutup 30 Juni 2010 (hmmm lama banget ya.. iya dong kalau kecepatan dimarahi sponsor.. eh.. maksud saya biar ada kesempatan untuk berpikir lebih lama.. ha.. ha..)
Pemenang akan di umumkan tanggal 6 Juli 2010 (kalau sibuk ya bisa molor, mohon maaf sebelumnya.. jangan marah.. ya..)

Hadiah berupa kode voucher akan di kirim melalui email.., mohon di sebutkan di komen jenis providernya.. isat atau tsel atau apa gitu yah..

OK selalu on line dan klik solusibisnismu.wordpress.com, dapatkan artikel menarik dan lomba berhadiah yang heboh.. Lain kali hadiahnya MOBIL loh.. tiket nonton, voucher itu sih ringan ha.. ha..

Semoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi

15 comments on “Agar Penjualan Meningkat Naik

  1. Tolong dong dibuatkan table/struktur gambar strategy penjualan yang tepat untuk saya bisa memasarkan product yang mau saya jual di bidang alat kesehatan.bagaimana langkah2 untuk bisa menembus pasar saya.coz kalo ga bs sy laporkan dgn benar scr tertulis maka saya akan dipecat pak………….saya hanya bisa menjual secara praktek,karena sy tdk pandai menjelaskan,mk sy mohon dgn sangat bapak bs kasih saya solusi bagaimana cara menjelaskan langkah2 strategy penjualannya.terimakasih

    • waduh.. strategi selling sangat buuaaannnnyyyyyaaaaaakkkkkkk… strategi yang paling tepat menurut saya tidak ada.. saya belajar selling sampai overseas semuanya punya pendekatan yang berbeda dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.. akan saya sempatakan untuk membuat sebuah strategi penjualan dengan pendekatan model sistem.. (bukan pendekatan psikologis, matematis, dll) apakah ini yang terbaik..? tentu bukan..!! saya hanya ingin melengkapi pendekatan-pendekatan yang sudah ada.. sori berat kebetulan para staf saya juga lembur sampai larut malam semua, jadi saya gak bisa memastikan kapan jadinya.. saran kalau tergesa-gesa silakan copas saja di blog tetangga yang juga bagus-bagus.. (minta ijin dulu ya sama yang punya ya..), diramu dengan pengalaman lapangan.. Insya Allah lulus.. Amin..

  2. ohhh……contoh strategy marketingnya yaaa skalian……tloooooooooooooooooong banget pak,bagikan ke saya…..please…

  3. teknik marketing penjualan yang di gunakan beliau pada quis ini ,menurut tebakan saya adalah teknik dgn memberikan target bonus ke sales dan ke penjual ,sehingga otomatis akan terjadi push yang kuat pada produck , dalam penjualan produck apapun dan dalam mengembangkan brand produck apapun , titik akhir dari strategi penjualan ada pada penjual ,artinya jika penjual mau menjual dan mempromosikan produck ke konsumen mereka ,otomatis 80% konsumen penjual akan memilih produck tersebut biarpun ada merk lain yang lebih baik atau lebih murah . ini biasa saya sebut sebagai teknik partner . oya , teknik ini sudah saya pakai dalam distribusi produck saya , dan selama ini sangat bagus hasilnya . tapi jika parnet (toko toko ) telah ada target lain yang lebih menarik menurut mereka ,maka teknik ini tdk akan bisa jalan ,kecuali hubungan sangat baik dgn partner (isilahnya :hopeng ).

    salam sukses . mohon jawaban yang benar di emailkan ya pak ,supaya saya bisa berajar teknik teknik bapak yang sangat bermanfaat .

    regards
    romi

    • 1) Pertamax mohon maaf lomba quiz telah ditutup, jadi tidak ada hadiah lagi..! sebab kontrak dengan sponsor sudah habis.. terus apa mungkin saya mau terus terang kalau saya juga lagi bokek ha.. ha.. ha.. gak lucu kan..?
      2) Jawaban tidak akan saya cantumkan melalui blog, namun akan saya kirimkan lewat email, sebab ini rahasia perusahaan he.. he..
      3) Sabar ya.., sebab lagi sibuk buka pameran, konsultasi dan persiapan talk show, ntar kalau sudah selesai pasti semua pembaca saya kasih oleh-oleh dari pameran, saya sendiri sebenernya sudah gak sabar pingin nulis, apa daya badan capek.. anak-anak juga pada mau test.. si bungsu lagi sakit lagi..

  4. pak saya mau nanya, saya buka usaha waralaba Terang bulan, saya mendapat pesaing dari terang bulan lainnya. memang dia sudah buka kurang lebih 12 tahun, sedangkan saya baru buka 1 bulan, bisa kasih tau tips untuk bersaing dengan terang bulan yang sudah punya nama tersebut?

    • 1. Terkenal bukan berarti tidak bisa ditembus, buktinya : staf saya punya istri yang jualan martabak, rombongnya hanya berjarak 25 m dari martabak Holl*nd yang terkenal itu, dan faktanya sama lakunya !
      2. Lamanya buka bukan jaminan untuk menang, buktinya minuman ion Gator*de dikalah M*zone, betul kan..?
      Ide srategi marketing dan sales sebagian sudah saya tuliskan di Solusibisnimu.wordpress.com, tapi masih banyak yang belum saya tuliskan..
      Intinya saja ya.. buat sebuah penawaran yang tidak mungkin bisa ditolak oleh Customer maupun Franchisee, bisa dari produk, servis, program marketing maupun selling dll, buatlah sebuah perbedaan yang tidak harus lebih unggul (namun kalau lebih unggul pasti lebih baik) dan dikerjakan secara konsisten pasti tembus.. saya paham bisnis waralaba saat ini taft banget, untuk itu coba saya kontak teman saya yang ada di Jakarta, mungkin teman saya bisa menjadi fasilitator bisnis bagi bp. Edward, kalau saya, mohon maaf sudah penuh.. salam sukses untuk kita semua..

  5. dear Pak Adit,
    terima kasih, blognya bagus sekali, kebetulan saya baca lomba marketing disini, gak apa-apa lombanya sudah di tutup saya penasaran sekali dengan jawaban yg benar, mohon di replay ke email saya pak, saya mau belajar
    thanks
    Nico

  6. Dear Pak Adit,

    saya juga mau tahu jawaban nya dong.

    Btw blog nya bener2 bagus dan membuka pikiran.
    lanjut ah liat archieve2 sebelumnya šŸ˜€

  7. Pak Adit…boleh sy minta jawaban kuiz ini?meskipun dh lama,tp sudilah kiranya bpk mengirimkan ke saya,hadiahnya 1 porsi es teler dech pak,kl bpk berkunjung ke kediri,terima kasih

  8. Pak Adit,
    kuismya memang sudah lama dan baru sekarang nemu blog ini, jikalau boleh dan tidak merepotkan P. Adit, saya juga boleh diemail jawabannya, sekalian belajar dan buat referensi saya, lagi pusing juga dengan penjualan neh, kuisnya pas dengan keadaan area saya.

    terima kasih

Leave a Reply

