Yang Dipertimbangkan Saat Pindah Perusahaan

Makan malam di hotel Shangri La Surabaya 3 of 4

Makan ikan yang dicelup sake kemudian dibakar setengah matang saya pernah mencoba dan rasanya hmm.. enakk.., tapi makan ikan mentah yang dicelup asinan belum pernah saya mencobanya.. dan Hmmm… rasanya… rasanya… rasanya…

Ms:”Pak.. saya mau pindah ke perusahaan baru lagi, perusahaan yang saat ini kurang kondusif..”
Saya:”Ya ga papa.. ya ga mama.. yang penting harus lebih baik dari perusahan yang sekarang.. dan itu menilainya sulit loh…!!, Orang selevel Sales Director aja pernah salah pilih.. sudah berapa kali kamu pindah perusahaan..?”
Ms:”2 kali pak ha.. ha..”
Saya:”Pastinya salah satunya ada yang mulut buaya..? betul..?
Ms:”Betul pak.. yang sekarang ini malah mulut buaya.. yang dulu ternyata masih dijilat kambing ha.. ha…”

Pepatah keluar dari mulut singa kemudain masuk ke mulut buaya sering saya dengar, biasanya ini terjadi setelah 3 bulan karyawan pindah keperusahaan baru.. Jadi berhati-hatilah…

Saya pernah punya teman, beliaunya menjabat sebagai sales manager sebuah perusahaan asing yang cukup terkemuka di Indonesia. Sebelum pindah ke perusahaan baru beliaunya sudah observasi selama 6 bulan. yang beliau teliti sangat banyak mulai dari gaji, kenaikan gaji pertahun, sistem insentif, sistem prosedur kerja (SOP), produk yang dijual, pangsa pasar, kompetitor, jenjang karir (struktur organisasi), bla.. bla.. bla.. dll dst.. waduh.. pokoknya teliti banget…
TM:”Vdit goodbye.. saya sudah mantap dan sudah saya obeservasi selam 6 bulan lebih ternyata OK, saya mau pindah ke perusahaan asing yang baru.. kalau kamu mau ikut ayo aja..”
Saya:”Saya benci kata-kata goodbye.. saya lebih senang katakan see you.. baiklah kalau begitu selamat dan sukses selalu.. Eehh ngomong-ngomong alasan kamu pindah ini apa..?”
TM:”SOP baru yang di terapkan perusahaan sekarang ini membuat saya tidak nyaman bekerja.., ribet dan waduh pokoknya gak nyaman..”
Saya:”Loh.. SOP kan bisa berubah ubah.. struktur organisasi, sistem insentif (komisi) juga bisa ber ubah-ubah.., suasana kantor dan bahkan suhu politik kantor saja bisa berubah ubah.. (saya nyerocos saja.. siapa tahu ada yang kena dihatinya kan..) tapi yah.. semoga kamu krasan di perusahaaan baru..”

Dugaan saya ternyata benar, ternyata setelah 1 tahun berjalan ada perombakan besar di struktur organisasi perusahaan barunya, Managing directurnya diganti orang baru yang membawa visi misi yang baru, akibatnya ya semuanya serba baru.. dan celakanya SOP yang diterapkan di perusahaan barunya ternyata mirip dengan perusahaan lamanya.. Oohh.. apa kata dunia.. (kata Gayus) ha.. ha… Tahunya juga baru balakangan kalau SOP seperti itu memang cocok untuk saat krisis kritis (manajemen krisis).. karena waktu itu negara kita sedang krisis 2007-2008 ..,

Saya turut sedih… mestinya kalau hanya SOP saja apa gak bisa di diskusikan dengan atasannya..? toh yang gak nyaman kan pastinya banyak.. kan bukan dia seorang.. manager lain kan pastinya juga begitu.. lalu kalau manager yang lain bisa ber adaptasi dengan SOP yang baru, kenapa saya enggak bisa..? contoh dong.. kenapa bisa…

Tapi ada juga teman saya yang tidak pindah perusahaan malah akhirnya terjerumus ke dalam lembah lumpur.. next post ya..?

Jadi intinya berhati-hatilah kalau mau pindah perusahaan… cool aja deh.. cool…

Malam kian larut namun saya tidak ingin meninggalkan tempat ini.. rasanya saya masih ingin berada disini lebih lama, lutut saya mulai gemetaran.. ya.. saya sakit.. tapi untungnya gak ada yang tahu kalau saya masih sakit..

Semoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi…

Advertisements

10 comments on “Yang Dipertimbangkan Saat Pindah Perusahaan

  1. wah… bagus neh posting’y…
    membuat saya berfikir ulang untuk tidak pindah dari tempat kerja saya yg baru…
    skypenya ko ada n g bisa di add…

    simpati Telkomsel

  2. hallo salam kenal…..ehhm..ini dia yg sy takutkan jika pindah kerja….bagai beli kucing dalam karung….mungkin gaji lebih besar, tapi penderitaan lebih besar lagi…alamak…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s