Cara Meloloskan Diri Saat Krisis Kritis

Atau cara supaya tidak bangkrut..

Siang itu ada seorang bapak datang dari Madura, dari nama dan wajah beliau terlihat asli Madura, tapi.. hmm ada yang beda gitu loh..
Sy:”Bapak dari Madura dari kota mana..? apakah dari Sumenep..?”
Bp:”Betul pak.. kog tahu..?
Sy:”Lah.. bapak gaya bicaranya mirip orang Solo..”
Bp:”Ha.. ha.. vocabnya orang Sumenep memang banyak yang sama dengan orang Jawa Tengah pak..,”
Sy:”Nah ada apa bapak..? apa yang mau dibahas..?”

Bp:”Begini pak.. saya ini baru saja pensiun.., 1,5 tahun yang lalu sebelum saya pensiun, saya sudah mempersiapkan sebuah usaha pencucian mobil.., namun sampai sekarang bisnis pencucian mobil saya tidak maju, jangankan bicara untung atau balik modal, untuk biaya operasional saja sudah tekor (minus), padahal dulu saya memulainya dengan modal 100jt belum biaya operasional selama 1,5 tahun ini..!”
Hmmm.. betapa beratnya beban bapak ini.. Untuk bisa memberikan solusi bisnis kepada bapak ini saya harus mempunyai banyak data, ya sekedar cross chek saja seperti : apakah karyawan telah bekerja dengan baik, alat lengkap, palayanan baik, ruang tunggunya cukup nyaman, tarif dan lain-lain.. yah asumsikan saja semuanya on the right track..

Sy:”Bapak.. saya punya banyak pertanyaan, namun waktu saya terbatas.. sebentar lagi saya harus copot sepatu dan ganti sandal..”
Bp:”Oooo iya..? maaf pak..!!”, tapi saya melihat wajah bapak tadi masih bingung.. masih ada tanda tanya, semoga pembaca tidak bingung juga..

Saya mempunyai seorang teman yang juga punya bisnis pencucian mobil.. pernah punya masalah yang sama.. Sudah beli dua lift (untuk mengangkat mobil, karena lahan sempit), pompa bertekanan tinggi, bahan pembersih model salju, bengkel aksesori lengkap mulai dari pengharum ruangan sampai audio video, central lock dll plus ganti oli, ruang tunggu ber AC dilengkapi makan minuman ringan, karyawan pembersih yang terdidik plus koordinator yang ramah rapi, gagah dan lebih ganteng dari pada saya.. wow.. !!, kasir yang cantik ha.. ha.., kurang apa lagi ya..?

Solusi yang saya tawarkan kepada teman saya, yang kemudian diolah lagi menghasilkan strategi sebagai berikut :
Pelanggan ditawarkan sebuah buku, berisi 15 kali pencucian. dengan harga Rp 150.000,- artinya sekali pencucian metode salju hanya Rp 10.000,-, normalnya (kompetitor yang lain) rata-rata adalah Rp 15.000,-. Dengan tarif Rp 10.000 per cuci ini sebenarnya untungnya teramat tipis.. namun ada pertimbangan sbb :
1. Lift itu sudah terbeli, kalau menganggur juga buat apa..?, kalau lift itu bisa dimanfaatkan lumayan kan..?, daripada utilitasnya 0%, alias mubadir..
2. Demikian juga dengan mini cafetaria yang sudah dibangun, berikut makanan minuman yang telah disiapkan, termasuk AC yang menyala dan beberapa karyawan yang digaji. Jadi intinya ada konsumen atau tidak,menganggur atau bekerja, sekali lagi biaya sudah dikeluarkan..

Setelah program dijalankan ternyata banyak efek karambolnya (bukan efek domino, karena saya tidak bisa main domino ha.. ha..), pantulan pertama adalah :
1. Bisa mendanai ongkos operasional, sudah tidak tekor lagi., pantulan kedua adalah :
2. Cafetaria bisa jalan dan menghasilkan pemasukan, apalagi kalau cuci mobil mengajak anak-anak..
3. Bengkel aksesorinya juga jalan, ada yang pasang audio, central lock dll, termasuk ganti oli, semua orang pasti berpikir one stop service.., menghemat waktu..praktis..
4. Setelah ramai, malah ada waralaba makanan cepat saji yang bersedia menyewa lahan di bengkel itu.., bahkan sampai malam hari bisa buka, kalau mau loh.. survey dulu dong..!!
5. SPG dari berbagai macam principal datang untuk membantu agar barang cepat terjual dan yang namanya orang pasang iklan (mulai baner, spanduk besar, brosur dll) semua pada berdatangan, tapi oleh teman saya digratiskan saja, alasanya waktu merintis dulu juga serba susah, kalau bisa menolong.. ya tolong saja enggak usah dipikir bagaimana cara baliknya, hmmm religuis juga nih…
6. Dapat uang kontan.. kalau hanya berpikir untuk dapat bunga sebenarnya rugi, mestinya bisa dioptimalkan lagi (next post)
7. Otomatis pelanggan yang beli buku tidak akan pindah ke rumah cuci mobil yang lain, yah dapat langganan gitu loh.. atau kalimat NLP nya ada kepastian, kalau sebulan minimal cuci 3 kali berarti ada kepastian tidak menganggur selama 5 bulan kedepan betul..?
8. Ada juga yang datang tapi tidak mau membeli buku, yah.. yang ini kena tarip Rp. 15.000,- wah lumayan untungnya, dan perbandingan (beli buku) dibanding (yang eceran) = 25% : 75%, lebih banyak yang eceran.. wah ini manis sekali ha.. ha.. terus terang saya jadi iri.. upss salah… bukan iri,, yang betul termotivasi.. ha.. ha… padahal solusi gratis.. ha.. ha..
9. Mengapa no 8 bisa terjadi..? yah karena pemilik mobil yang lain jadi penasaran “kenapa sih bengkel cuci mobil disitu ramai..?” istilahnya adalah efek bola salju..
Upss.. ada yang hampir kelewatan, buku promo ini hanya dijual selama selama 3 bulan saja, enggak setahun..!, masa berlakunya yang setahun. yang beli buku juga dibatasi.. perhitungannya next post saja ya..?

Bp:”Yah.. kenapa saya tidak pernah berpikir arah sana ya…?”
Dalam hati saya berkata “Itulah fungsinya SOLUSIBISNISMU.WORDPRESS.COM solusi gratis.. tret tet teeeett!!”
Sy:”Begitulah pak.., semoga ini bermanfaat bagi bapak, Hmmm lain kali cukup telpon atau email.., gak usah datang jauh-jauh gini, apalagi belum ada janji.. bukannya saya tidak mau menemui bapak, namun saat ini saya harus ganti sepatu dengan sandal nih.. supaya saya tidak gampang iri ha.. ha..”
Bp:”Iya pak.. saya juga ikut..”, ah.. rupanya bapak tadi sudah tidak bingung.. Loh.. ternyata ada pembaca yang masih bingung ya..? Coba lihat tanggalnya..? ha.. ha.. masih bingung juga..? sori untuk teka-teki ini tidak ada hadiahnya ha.. ha..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi..

8 comments on “Cara Meloloskan Diri Saat Krisis Kritis

    • bukan entrepreneur.. tapi bisnis facilitator.. cara-cara agar bisnis menjadi lebih mudah.. ilmu baru.. dikembangkan oleh perusahaan farmasi terkenal di eropa mulai tahun 1992..

  1. saya jga punya masalah?
    usaha toko olaraga saya mengalami kebangrutan,,,pemasukan hbs,barang udh bnyak yg kosong?
    langkah untuk bngkit lgi gmna????????????????????

    • Apa sebabnya toko bapak bisa bangkrut ? 1. Tidak ada pembeli ? 2. CashFlow 3. Kompetisi 4. Kalah harga atau karena apa…? Bpk ada nomor xl atau axis ?

      solusibisnismu.wordpress.com

  2. Selamat siang. Saya membaca artikel ini di saat searching mengatasi kondisi perusahaan yg akan bankrut. Mohon bantuan dan saran nya pak.
    Saya membantu suami mengelola peternakan babi di wilayah bali. Perusahaan ini sebelumnya dijalankan oleh kakek suami saya. Sudah hampir 5 tahun dan secara setahap-tahap perusahaan akan dikelola oleh suami saya. Namun tahap pergantian ini merupakan masa yg sangat riskan. Bgmna tidak kakek saya dgn manajemen lamanya meninggalkan hutang sekitar 800juta. Akan tetapi jumlah ternak tidak sesuai. Untuk saat ini sekitar 800ekor mulai dari induk, anak baru lahir/kucit, sampai penggemukan. Target untuk 1 thn ke depan suami diharuskan membayar hutang sekitar 700juta. Jika jumlah ternak dipertahankan 800ekor, maka hutang pakan tidak bisa tertutupi. Namun jika produksi dikurangi, maka peternakan ini tidak akan berjalan. Krn perputaran uang yg lambat. Dan diambang kebangkrutan.Sekedar informasi dari lahir sampai siap dijual , satu ekor babi membutuhkan waktu paling cepat 5 bulan. Pertanyaan saya bagaimana solusi yg terbaik ? Sgla cara sdh kita lakukan termasuk efesiensi pengeluaran yg tdk perlu. Apakah peternakan ini masih ada harapan untuk berkembang ? Terimakasih banyak

    • Wooo ini tidak mudah, tapi ada harapan, asal :

      1. Perkuat Pemasaran, pemasaran harus tetap lancar, kalau pemasaran masih lancar, beli saja babi dari orang lain.kemudian jual,.keuntunganya adalah : – Tidak perlu lama untuk pelihara, “hanya transit saja” biaya pakan sedikit – Perputaran uang cepat – Untung sedikit tapi bisa untuk makan – Kalau untuk bayar hutang, volume penjualan diperbesar. Memperkuat pemasaran : – Naik posisi bukan sebagai peternak, tapi naik posisi sebagai pengepul. – Cari pembeli terakhir

      2. Untuk pembayaran hutang dinego kembali.

      3. Untuk produksi ternak – Beli babi dari petani lain saat usia 2-3 bulan, kemudian langsung masuk tahap penggemukan, jadi bisa memotong waktu 2 bulan dari 6 bulan produksi.

      Sebenarnya babi saya tidak paham, kalau Ibu memberikan Info kepada saya lebih banyak, mungkin saya bisa memberikan saran lebih baik.

      Kebetulan sudah satu tahun terakhir ini saya jual ayam potong hidup, sebagai pengepul, saya bukan peternak ayam potong. saat ayam potong hidup penjualannya mulai tidak lancar, keuntungan tipis, maka saya jual ayam potong dalam kondisi mati, meskipun volume sedikit tapi untungnya banyak. Sementara penjualan ayam potong hidup saya biarakan apa adanya.

      TETAP SEMANGAT

      Sy adi, tsel 08223064xxx,

      Semoga jawaban saya bisa mebuat Ibu terinspirasi.

Leave a Reply

