Cara Maksimalkan Efektifkan Promosi Murah Dengan SMS

Cara promosi murah, cara memperbanyak pelanggan/ konsumen seperti di bawah ini, pernah saya berikan ke mas Juni, ayam bakar bebas lemak lumpur lapindo sidoarjo dan mas prayoga tailor jas paling murah di kenjeran surabaya, kata beliau berdua cara-cara ini bisa menaikkan omset..

Namun untuk menaikkan customer (pelanggan) bagaimanapun juga konsepnya masih more calls more sales (kuantitas), miscalls miss sales (filosofi Indo “tak kenal abang tak sayang, banyak yang kenal banyak abang yang sayang” ha.. ha..). kemudian yang harus diperhatikan selain jumlah call adalah kualitas call itu sendiri (next post).

Saya pernah menghitung ada 300 lebih cara untuk men-generate customer (call), mulai dari yang murah sampai yang bayar mahal, nah.. berikut ini adalah cara-cara yang murah yang sudah dibuktikan ampuh…

1. Buat baner/poster (apapun terserah.. yg penting tepat guna) pasang di depan rumah. (apa beda dan guna baner, brosur, leaflet, poster ?)(next post)
2. Kalau di Wiyung surabaya, pasang spanduk di atas jalan masuk kompleks perumahan ijinnya gak ribet (lobi aja).
3. Buat brosur atau kartu nama gak usah mahal, tapi pastikan yang baik
* Bagaimana caranya agar brosur tidak dibuat bungkus kacang/ dibuang..? bahkan disimpan sampai berbulan-bulan..? (next post)
* Apa yang harus di isi di brosur sehingga customer mengatakan ini tepat untuk saya..? hanya sekali baca dan kurang dari 10 detik..? (next post)
* Bagaimana agar orang bisa yakin hanya dengan membaca tanpa mencoba sample …? (next post)
kemudian mengedarkan brosur ke sekolah, komplek perumahan atau ditempat yang ada orang banyak berkumpul, bisa juga di titipkan, tapi cari yang gratis. Minimart tertentu di wiyung Surabaya gratis loo (lobi dulu).. ada juga yang harus bayar tapi murah seperti dititipkan loper koran, pengatur lalu lintas (pak ogah cepek an, tukang ojek, becak dll), namun pastikan tempat sebarnya tepat, caranya..? temukan alasan mengapa saya harus menyebarkan brosur itu disini..?
4. Bagi yang mendaftar langsung berdua dapat discoun 10% untuk 2 bulan pertama, biar mau ngajak temannya seperti member get member..
5. Manfaatkan SMS Rp. 3000,- seharian…
* Bagimana agar SMS tidak berbau promosi..? agar yang di SMS tidak marah.. dan menghapus SMS kita, bahkan malah meyimpannya beberapa hari.. ? (tunggu next post ya..)
6. Manfaatkan sarana telepon Rp 5000,- seharian.
* Bagaimana teknik melakukan panggilan telepon..? (next post)
7. Presentasi di setiap kesempatan misal arisan, rapat RT, karang taruna dll (lobi dulu).
8. Menggunakan cara-cara barter, wah kaya jaman dulu aja.., istri saya dalam menjalankan toko pakai cara barter dalam mepromosikan.., “kalo mau cari telor ke toko pak Rudi saja..” kata istri saya, kata pak Rudi “kalo cari gula, mie instan ke toko 75, tokonya bu Renny”
9. Prinsipnya cari kerumunan orang, tiru saja para pedangang asongan, pedagang asongan pasti datang kalo disitu ada lomba, pameran, dll.
10. Mengoptimalkan mulut orang Word of Mouth (WOM), hati-hati orang yang WOM kalau dibayar malah hatinya terluka..! Bagaimana agar efektif…? (Next Post)
11. Untuk yang internet saya masih belajar juga nih.., buat blog aja ranknya turun terus.. ha ha…

Perusahaan-perusahaan besar juga memakai cara seperti ini, ini bukan berarti mereka tidak punya dana promosi, melainkan perusahaan ini merasa bahwa promosi ini lebih efektif. Sebagai contoh adalah perusahaan susu 10 besar dunia W**th cabang Malay.., salah satu manager pemasarannya pernah berkonsultasi dengan saya mengenai WOM, hebat kan..? ya hebat dong.. sebab beliau adalah tante saya sendiri (WNI asli) ha.. ha.., (mestinya rahasianya gak usah dibuka ya..?), Ada lagi perusahaan lokal yang cukup me-Nasional yang bergerak dibidang minyak untuk bayi, pernah berkonsultasi dengan saya mengenai cara memanfaatkan dan mengoptimalkan SMS untuk sistem informasinya (SMS gate)

Cara-cara di atas silakan di improve sendiri, sekali lagi keberhasilan bukan hanya pada cara callnya saja, namun harus diperhatikan juga, kuantitas,  kualitas, moment yang tepat dan lain-lain (wah.. masih banyak nih.. jangan kuatir next post akan saya bahas)  Nah.. sekian dulu dari saya.. do not go, stay here with solusibisnismu.wordpress.com

salam hangat untuk mas daunuang..

Semoga tulisan saya bisa membuat Anda ter Inspirasi…

Advertisements

9 comments on “Cara Maksimalkan Efektifkan Promosi Murah Dengan SMS

    • iya.. ya.. sebagian sudah di post kog, di post yang baru “oleh-oleh dari pameran” juga ada, sabar ya.. begitu ada waktu yang enak untuk nulis langsung saya tulis paling cuma 15 menit langsung post

  1. Mas, mau tanya saya baru bergabung dgn perusahaan baru, (2S, service dan spare parts untuk mobil; salah satu (dan/ tunggal) pemegang merk). Saya di cabang kecil sehinga untuk Sales (unit) tidak ada. Hampir keseluruhan customer yang baru (unit warranty) pasti service ke kantor besar (jarak -+ 170 km). Padahal untuk warranty cuma free service saja untuk parts tetap berbayar. Dibandingkan dengan biaya dengan jarak sejauh tersebut lebih mahal dengan dimasukannya biaya bbm. Tetapi customer sebagian besar dan hampir keseluruhan service warranty ke cabang besar tersebut. Apakah ada cara yang jitu. Karena di daerah saya karena kota kecamatan sehingga customer ke kota besar service sekalian jalan” ke kota (di kota ada 1 mall saja). Sehingga alasan sebagian ” jalan-jalan”.
    Mohon ide-ide nya.

    Salam,

    Agus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s