Mencari Dan Mendapatkan Modal Usaha Dari Ilmu, Warisan atau Terlilit Hutang Kartu Kredit

Di ruang tamu itu ada lukisan foto yang besar, tampak ada 2 gambar anak laki-laki ganteng, saya berusaha menebak-nebak, yang sulung mungkin masih SMP, sikap lebih tenang dan teliti, sementara yang bungsu mungkin klas 2 SD, pintar ngomong dan bakat jadi pemimpin.

Lamunan saya segera buyar setelah seorang ibu berkata “Itu putra saya pak…, dulu mereka rajin belajar, pernah mendapatkan ranking 5 besar di sekolah, tapi sekarang merosot, maunya main game terus”, kemudian ibu tersebut menarik nafas perlahan dan membuangnya cepat (gesture ini menunjukan apa hayo…?), kemudian meneruskan “Kita ini sebagai orang tua berusaha meberikan bekal atau modal, kalau tidak berupa harta, yeah…  setidaknya ilmu yang kita berikan…,”

Yupss… saya setuju dan yakin ibu tadi berkata benar, namun dalam Neuro Linguistik Program (NLP),  kalimat tersebut bisa dirubah lebih tajam sehingga tidak “abu-abu” (grey area) dan membuat kita haqul yakin bahwa ilmu adalah hal yang penting, kalimat tersebut ditambahi menjadi : “Meskipun kita sudah memberikan bekal harta, tapi kalau kita tidak membekali ilmu, maka bisa menjadi sia-sia”

Masih jelas di ingatan saya sekitar tahun 1989 an, di Malang ada seorang yang sangat kaya, teman saya menyebut jumlah  kekayaanya dengan kata-kata “Pabrik dan toko apa yang Dia tidak punya…?, bahkan gunung di Blitar pun dia beli…!”. Namun apa yang terjadi kemudian…? saat sang ayah berusia 70an yang semestinya bisa istirahat dan menikmati hidup, ternyata harus turun gunung untuk membantu generasi penerusnya yang gagal melanjutkan cita -citanya, satu persatu usaha yang dibangunnya hancur, dan tidak bisa dibangkitkan kembali, bahkan salah satu putranya meninggal karena narkoba (Drug adict). Hal serupa juga terjadi di Jawa Tengah, Ada sesorang yang baru saja mendapatkan warisan yang nilainya miliaran rupiah berupa rumah untuk kost (home stay) dan beberapa toko di Yogyakarta, namun belum lama menikmati, gempa Yogyakarta telah menghancurkan semua hartanya dalam beberapa menit saja, hingga sekarang belum bisa bangkit kembali.

Sementara dengan bekal ilmu, meskipun dengan hutang yang menumpuk, seseorang akan mampu meloloskan diri dari kemelut, dan membangun kesuksesannya. Banyak kisah sukses yang dimulai dari harta nol bahkan minus, seperti Eka Tjipta, Suryo Wonowijoyo, Purdi (teori botol dan bodol), Bob Sadino, Kentucy Fried Chiken, Honda dll, termasuk kisah saya dan istri membangun toko secara tidak sengaja…?

Hah… tidak sengaja…? kog bisa…? ya benar…, lebih jelasnya membuka usaha toko gara-gara terlilit utang kartu kredit. Berawal dari disetujuinya aplikasi kartu kredit,  pola belanja saya dan istri menjadi berubah, belanja semau gue (konsumtif), dan kami baru menyadari setelah berapa bulan kemudian, untuk menutup tagihan kartu kredit tidak ada jalan lain kecuali menjual kembali barang yang sudah dibeli namun harus untung…, dan berhasil…, (akan saya tulis lengkap di post berikutnya). Lama kelamaan istri saya kecanduan kemudian memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya (sebagai ass. marketing manager) kemudian membuka toko-tokoan, toko kecil dan sederhana (very small shop), kerena itu saya dan istri kaget ketika di undang jamuan oleh bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut, kerena kami telah bertransaksi tarik dan setor lebih dari 40 kali perbulan, dengan total value (rupiahnya) 12 kali lipat dari limit saldonya perbulan, bahkan mengalahkan rata-rata pemilik kartu kredit platinum. Yang tak kalah mengagetkan saya adalah ternyata pada tahun itu istri saya masuk UGD (Hospital Emergency Room) di RS RKZ senyak 5 kali…, ya benar… karena kecapekan….

Jadi saya sampaikan kepada ibu tersebut bahwa tidak usah risau… mereka berkembang lebih cepat dan lebih smart dari yang diperkirakan olehnya, saya haqul yakin bahwa mereka jauh lebih kuat dan akan mampu menjunjung Ibu mereka sampai akhir hanyat…, saya setuju bahwa yang dibutuhkan oleh mereka adalah kasih sayang, motivasi, pelajaran (ilmu) sekaligus contoh yang baik…,

“BTW mereka ada dimana bu kog sepi….?”

“Hmmm, mereka sedang les skating…”

“Ooooo… great… itu melatih otak kanan mereka, ini salah satu cara memberikan ilmu yang bagus…!!”
Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi

9 comments on “Mencari Dan Mendapatkan Modal Usaha Dari Ilmu, Warisan atau Terlilit Hutang Kartu Kredit

  1. wooooooooooowwwwwwwwwwwwwww ….. hebat bgd kak.
    saat ini aq bnr2 lg trsndung mslh spt tu … smg pljrn diatas sa bwt mtvasi aq untuk terus melangkah …. !!!!

    • caranya mutar uang bgmn sdh sy posting loh.. jujur aja sebelumnya sy juga pernah rugi banyak.. malah gak satu dua kali.. malu sy..

  2. “bertransaksi tarik dan setor lebih dari 40 kali perbulan, dengan total value (rupiahnya) 12 kali lipat dari limit saldonya perbulan”, maksudnya gimana ya? Setahu saya klo over limit bisa kena denda atau decline waktu gesek karena limit habis…
    Apa ketika ada yang bayar langsung transfer uang ke KK sblm jatuh tempo dan limit otomatis naek?

    • tgl 5 tarik 10 jt, tgl 8 setor 10 jt, tgl 9 tarik 10 jt, tgl 12 setor 20 jt. setor 20 jt ??? iyalah gak papa kan supaya tgl 15 bisa tarik 20jt, ini terus dilakukan sampai tatal transaksi valuenya itu 120 juta.. padahal limit kartu kredit silver cuma 12 juta betul..?
      saya gak mau gold/platinum.. saya pilih silver tapi limitnya gede.. silver saya yang paling gede adalah mega sama citi= 40 juta..
      kalo mo ngomong kartu kredit. trik, tips, manfaat dan lobang-lobang hukumnya.. wuii bisa sampai sore gak selesai dibahas.. he.. he.. sabar ya.. pasti saya tulis kog..

      • maaf pak saya belum begitu jelas. Misalkan Limit kartu tersebut adalah 15jt dan jatuh tempo pembayaran adalah tanggal 5 September.
        tgl 5 tarik 10 jt => limit sisa 5jt
        tgl 8 setor 10jt => limit sisa 15jt
        tgl 9 tarik 10jt => limit sisa 5jt
        tgl 12 setor 20jt => limit sisa 25jt
        tgl 15 tarik 20 jt => limit sisa 5jt
        apakah seperti itu?
        nah waktu tgl jatuh tempo kita jadi bayar berapa (kan total tariknya 40jt setor 30 jt )?

        • iya betul.. kalo cashback 1,5 % hanya untuk limit yang asli 15 juta kan sayang he.. he.., kalo kita setor tarik sampai 120 juta x cash back 1,5 % untung bukan..? waktu jatuh tempo nanti komputernya tahu sendiri kekurangannya berapa.. kartu kredit yang komputernya pinter adalah dari bank C**i, dulu GE skr sdh tidak ada, **Z, B*A dll,, yang komputernya error terus bikin jengkel juga ada contoh Mn, Dm, Mg, dll.. cara muter uang dari kredit card supaya pelunasannya bisa sesukanya tanpa bayar bunga lagi malah dapat cash back sebagian sudah saya postkan loh buka aja post yang lama.. . klo mau utak atik kreditcard sampai sore gak selesai ngomongnya.. sabar ya pasti saya tulis..

          • saya tunggu postingannya ya pak… soalnya saya lagi butuh dana,buat usaha awal (mau merintis usaha gitu.). klo ngajuin ke bank pasti ditolak. Ga sabar nih nunggu postingan bapak…. ato klo sempet minggu saya telpon pak hehe smoga teleponnya bisa masuk 🙂
            koq ga dari dulu2 saya mendapatkan blog bapak. Saya mendapatkan banyak ilmu dari blog bapak, bener2 bikin inspirasi. Sukses terus buat P. Vdityv

  3. Bagaimana caranya menyelamatkan bahkan utk membangkitkan usaha saya? Masalahnya jumlah hutang jauh lebih besar dibanding stok barang plus piutang. Sementara aset semua masih status kredit. Mohon solusinya. Saya mempunyai kemampuan marketing dan punya banyak pelanggan setia, namun modal saya banyak hilang, sempat salah langkah sehingga banyak uang Ϋά̲̣̥ηġ ditipu oleh pihak lain.

  4. Assalamualaikum..para dermawan yg baik hati saya butuh uang untuk modal usaha juga untuk tempat usaha. Keahlian saya bidang fashion tapi susah untuk berkembang karna ga punya modal uang..barang kali para dermawan yg mau minjemin modal untuk saya . Ini WA saya 081221153358.

Leave a Reply

