Tanpa Iklan TV, Koran, Radio Tapi Memenangkan Penjualan

Sore itu teman saya memberitahukan kalau tahun depan mau datang ke Indonesia, lah… saya tanya balik  “Mengapa tidak sekarang saja sambil Old and New (2009) di sini ?”  teman saya men jawab bahwa ke Indonesia bukan kunjungan pribadi, melainkan sebagai Representative perusahaannya untuk menemui VIP  Customer di Indonesia…

Pembicaraan belum putus, telpon yang satu sudah berdering, “Ass Wr Wb. pak saya mau memasarkan sebuah produk…, namun saya tidak punya dana promosi untuk ber iklan di TV, Koran dan Radio, sementara para pesaing selalu gencar ber iklan,  apa produk saya bisa jalan pak..?”

Tentu saja produknya tidak bisa jalan.. karena tidak punya kaki… ha.. ha..,  tapi kalau produknya laku tentu saja bisa, mengapa..? karena pertempuran penjualan sebenarnya bukan di TV, Koran ataupun di Radio…, ini perlu di sadari…, pertempuran sebenarnya adalah di Outlet…, yaitu saat konsumen datang ke outlet dan mencoba memutuskan untuk memilih satu produk dari sekian puluh produk yang ditawarkan, dan kita bisa mencurinya disini…, Apa yang sudah direncanakan dirumah belum tentu lurus terus, ternyata bisa dibelokkan…, ini berdasarkan fakta-fakta survey yang saya dapatkan : 1. Orang ketika belanja,  jarang yang membawa catatan, hanya berdasarkan ingatan saja. 2. Bahwa yang membawa catatanpun, yang seharusnya dibeli, nyatanya setelah pulang kerumah malah tidak terbeli, sebaliknya yang tidak direncanakan malah dibeli.

Maka dengan fakta-fakta seperti ini kita bisa membelokkan perhatian konsumen dengan beberapa cara : 1. Dengan membuat kemasan yang menarik 2.  Display yang menarik 3. Menggunakan  Sales Promotion Girl yang betul-betul dilatih dan trampil  atau 4.  Dengan cara  “Kancil Nyuri Timun”  (kalu saya sebutkan di sini enggak enaklah…,  kalo tanya lewat tlp sama mail boleh, nanti saya jelaskan ha… ha…)

Cara lain yang juga sudah terbukti ampuh adalah dengan cara :  Direct Selling (penjualan langsung ke konsumen). Seperti yang dilakukan oleh teman saya yang akan datang ke Indonesia tahun depan. Perusahaan teman saya ini tidak pernah mengiklankan di J*w*Pos (sudah saya chek melalui teman saya yang bekerja di sana) ataupun di  R*TI, S*TV dll, namun perusahaan ini lebih mempercayakan kepada teman saya yang pintar, cantik, personal aproachnya sangat baik,  untuk menumbangkan pesaing-pesaingnya di Indonesia yang belanja Miliaran Rupiah untuk iklan di J*w*Pos,  R*TI, S*TV, itupun masih belum termasuk biaya iklan di baliho-baliho yang sering kita lihat di sudut-sudut kota yang strategis. Faktanya VIP Customer itu berhasil direbut oleh teman saya…,  artinya perusahaan asing ini telah menghemat ratusan juta rupiah dalam rangka mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Namun bukan berarti bahwa iklan di TV dll itu tidak berguna, ada juga gunanya.. terutama jika target besar, sifat produk  masal dll.

“Terimakasih pak.. saya jadi semangat…!”, “Sama-sama…,  semoga usaha bapak sukses..!!”

Baca juga di

1.promosi murah meriah

2. multi media diganti mulut media

Somoga tulisan saya dapat membuat Anda ter Inspirasi.

win the competition without a radio, tv, news paper advertisement
3 comments on “Tanpa Iklan TV, Koran, Radio Tapi Memenangkan Penjualan

  1. Ini kasusnya tidak jauh berbeda dengan kami pak, atau mungkin banyak yang lain juga.

    Kami rencana mau membuka private belajar membaca al-Qur’an.

    untuk mengiklankan dengan TV atau media lain terbatas oleh dana. bagaimana solusi yang bisa bapak tawarkan. terimakasih pak.

    lutfionlineaja@yahoo.com

Leave a Reply

