Mundur Tapi Malah Maju

Suatu malam ketika saya mengakhiri chat dengan teman saya dari singapura, saya tulis wasalam…, dan teman saya membalas dengan menuliskan 3, 2, 1, off..

3, 2,1 adalah hitungan mundur… bukan hitungan maju, perasaaan saya sedikit tidak enak sebab baru saja saya berdiskusi dengan motivator mind set yang kondang di negri ini. membahas segala sesuatu tentang masa depan, visi ke depan, kemajuan bisnis dll, yang semuanya maju.. ini kog malah hitungan mundur.

Tiba-tiba saja pikiran saya ikut mundur kebelakang, saya jadi ingat ketika saya pertama kali menerapkan teori diagram tulang ikan di perusahaan perakitan televisi yang besar di Sidoarjo, waktu itu di temukan kerusakan TV di Line Final Chek Point. Masalah yang ditemukan waktu itu adalah “Kog ada ya.. 3 TV rusak dan nomornya serinya ber urutan lagikata Plant Manager waktu itu. Saya juga berpikir sama dengan beliau, pasti ini bukan kejadian yang kebetulan (random) ini pasti karena ada kesalahan yang bisa saja sistematis. maka saya dengan beberapa staf mulai memeriksa mundur, yaitu kita periksa di Final Asy kemudian mundur lagi di 3’rd Asy, mundur lagi ke 2’rd asy, nah disinilah penyebabnya… Ada karyawan yang baru saja dipindahkan dari divisi lain yang kurang memahami prosedure, sehingga terjadilah kesalahan  tadi.

Mengenai diagram tulang ikan bisa klik di sini
diagram tulang ikan ulasannya bagus :

Jadi kesimpulannya berpikir mundur kebelakang gak masalah, untuk bisa ungkap simpul benang ruwetnya, namun jangan terlalu jauh kebelakang misal berhitung mundur dari 1000, 99, …0, terlalu lama ha… ha…, dan yang penting adalah ke depan…

Semoga Anda ter inspirasi dengan tulisan saya

Leave a Reply

