Betulkah Lebih Cepat Lebih Baik ?

Karena, mobil masih dibengkel, kereta api sudah berangkat, tiket pesawat mahal.. he.. he.. sebab ini adalah pelatihan gratis, panitia belum mampu mengusahakan tiketnya, akhirnya saya putuskan berangkat pake bus ke Yogya.

Gak tahu bagaimana prosesnya, saya ternyata naik bus non patas, namanya busnya itu S**K*no, Wiii ngebut sekali… banyak bus yang disalip, namun pada pertigaan tertentu (padat penumpang) bus ini sangat lambat, dan kejadian ini terus berulang. Lah… ini rupanya strategi lebih cepat 3 menit lebih baik, jadi bus ini bisa menguras penumpang yang telah terkumpul selama 10-15 menit setelah bus didepannya melewati pertigaan tersebut dan bus lain belum bisa menyusulnya.

Saat tiba kembali di surabaya dalam suatu pelatihan, ada seorang ibu bertanya “Pak saya ini adalah distributor makanan seperti I**do mie, mie S*ap, dll, bagaimana caranya agar barang saya dapat dibeli oleh toko-toko itu sementara harga produk saya sama, merk yang saya jual sama (sama I**do mie nya), kendaraan yang dipakai sama, tenaga penjualnya sama laki-lakinya, pokoknya semua serba sama dengan pesaing saya..?”. Kemudian saya jawab “Lah.. bu saya kemarin malam, baru saja dapat hikmah ketika saya naik bus, busnya sama-sama S**K**no nya, tarip pasti sama, bangkunya sama, pelayanannya sama, namun bus ini mendahului..bla.. bla.. Kesimpulannya.. Bila ibu bisa menghitung kapan barang di toko tersebut akan kosong, ibu bisa mengirikan salesman ibu untuk datang ke toko tersebut lebih cepat 1 hari atau 2 hari sebelum pesaing ibu datang, dengan demikian ibu bisa mengisinya lebih dulu”

Satu bulan kemudian ibu tadi mengirimkan SMS kepada saya isinya.. “Pak.. bahkan sekarangpun saya dapat mendahuli salesmannya In*m*ko yang mana distributor resminya I*do mie, terimakasih pak..”

Hahh ??.. terus gimana nih.. kalo teman saya yang salesnya In*m*ko wilayah Surabaya nanya ke saya “Mas bagaimana cara menjual mie disana ?”

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi

Leave a Reply

