Sifat Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Praktek cara memfasilitasi untuk memecahkan suatu masalah, melalui survey yang cepat dan brainstorming

Waktu itu saya masih baru saja (sebulan) dipromosikan menjadi manager. Pelatihan-pelatihan mengenai organisasi apalagi tentang leadership belum pernah saya dapatkan, karena itu Bos saya tidak memberikan tugas untuk mengajar tentang leadership, namun saya diberi tugas untuk mengajarkan stretegi bagaimana agar para leader yang hadir diforum ini bisa mencapai target penjualan pada semester ini, bersama timnya masing-masing, sedangkan materi Leadership dibawakan oleh teman saya yang lebih senior.

Tidak tahu mengapa, apakah saya ngomongnya ngelantur atau bagaimana.. tiba-tiba ada peserta yang menanyakan “Pak sifat-sifat apa saja yang harus dipunyai pemimpin..?”

Tentu saja saya tidak siap sama sekali.. Hmmm… mengapa orang ini tidak tanya ke teman saya yang membawakan materi leadership..? malah tanya ke saya..?, wah.. orang ini tanya beneran atau bohongan..? jangan-jangan mau nembak saya saja..! Kalau jawaban saya meleset reputasi jelek, kalau tidak saya jawab kesannya menghindar, itu kalau pikiran saya negatif, tapi saya harus berpikir positif.. mungkin orang ini benar-benar tidak tahu.., atau orang ini memberikan kesempatan kepada saya untuk menunjukkan bahwa saya bisa lebih baik dari teman yang akan membawakan materi leadership itu ha.. ha.. Terus terang dalam beberapa detik (mungkin 10 detik lebih) saya macet total.. bingung…!!

Saya jadi ingat mantan atasan saya yang masih muda namun keibuan, beliau mengatakan, dalam teknik fasilitasi, solusi bisa didapatkan dari :
1. Suryev tidak langsung melalui, buku-buku, internet (makanya selalu klik solusibisnismu.wordpress.com ya..!!)
2. Survey langsung melalui ke Obyek permasalahan dengan cara diteliti/dipetakan
3. Studi banding dari sekolah (pelatihan/kursus/seminar dll) atau pengalaman pribadi/orang lain

Nah.. saya belum pernah membaca buku ledership, terus jaman dulu nyari warung internet susahnya minta ampun, saya juga belum pernah ikut pelatihan leadership dan pengalaman pribadi memimpin baru sebulan, terus mau ngomong apa..?, satu-satunya jalan, yaitu langsung melakukan pemetaan ke obyek yang menjadi masalah, hitung-hitung saya praktek teknik fasilitasi, biar tambah expert, betul..?

saya :”Baiklah.. sekarang bapak-bapak tentunya pernah punya atasan bukan..? minimal kenal dengan sosok pimpinan, apakah itu atasan langsung atau bukan, tetangga, kenalan, teman atau suadara, baik itu pimpinan militer, pimpinan sebuah perusahaan, pimpinan pemerintahan, ustadz/pendeta dll..?, tentunya bapak-bapak pernah mengenal sosoknya bukan..? baik itu Anda kenal secara langsung maupun Anda kenal melalui televisi, koran atau teman atau apa sajalah..”

Coba sekarang Anda tulis ciri-ciri sosok pimpinan yang Anda kenal tersebut, semakin banyak pimpimpinan yang Anda kenal dengan baik, tentunya akan lebih baik dalam mengenali karakter seperti apa yang dipunyainnya. Nah.. sementara peserta menulis, saya jadi punya kesempatan untuk berpikir, maklum saya sendiri juga belum tahu ha.. ha.. kira-kira 2 menit berjalan, langsung kegiatan ini saya hentikan..

saya :”Bapak Sutrisno, coba sebutkan ciri ciri yang Anda temukan pada seorang pemimpin yang Anda kenal..”
Sutrisno :”Tetangga saya Komandan Koramil pak.., Beliau sangat tegas dan loyal kepada atasannya pak..”
Saya :”Lanjut ke bapak Rudi, bagaimana pak..?”
Rudi :”Teman saya kepala Bank BRI pak, orangnya perhitungan dan terencana pak..”
Saya :”Lanjut ke bapak Bambang..”
Bambang :”Saudara saya Lurah pak, dekat dengan rakyat”
Saya :”Lanjut yang lain..”
Achmadi :”Atasan saya oangnya pinter pak.., gak bisa dibohongi..!!”
Saya :”Walah.. berarti bapak suka bohong ya..!!”
Peserta pelatihan :”Ha.. ha.. ha..,”,
kemudian disusul celotehan peserta yang lain yang membuat orang tertawa terpingkal (wah sayangnya saya lupa celotehannya apa..!!)
dst sehingga saya mendapatkan masukkan yang dapat saya kelompokkan menjadi sbb :

Karakter yang harus dipunyai oleh Leader adalah :
1. Tegas
2. Loyal
2. Terencana
3. Ramah
4. Pintar mengatur strategi
5. Adil
6. Berani
7. Disipline
8. Empati
9. dst, waktu itu kalau gak salah sampai dengan 14 (he.. he.. lupa.. ternyata tidak semuanya saya catat di buku agenda saya)

Nah, masih menurut mantan atasan saya, bila solusi itu sudah tersusun perlu di uji, gunanya adalah untuk membuktikan kehandalan solusi tersebut atau untuk memodifikasi agar solusi ini lebih baik lagi atau lebih sesuai dengan kondisi yang ada, mengujinya dengan cara di “chalange..” ditentang untuk dirobohkan..

Salah satu contoh cara men chalenge seperti ini :
saya :”Adakah yang ingin menambahkan lagi atau malah ingin menghapus, salah satu sifat pimpinan yang sudah Anda tulis di sini..?”.

Seandainya ada yang menghapus atau menambahkan, tentunya dengan alasan yang kuat, maka solusi yang sudah didapatkan tadi artinya masih lemah betul..?, Setelah beberapa saat saya tunggu ada beberapa komentar yang masuk, namun tidak menambah atau menghilangkan apa yang sudah tercantum, malah menambahkan bukti-bukti untuk memperkuat apa yang sudah dituliskan. Jadi.. solusi yang dikumpulkan oleh para peserta forum adalah sebuah solusi yang handal dan bisa memuaskan seluruh peserta.. hmm… tapi justru saya yang masih belum puas saya chalange lagi..?

Saya :”Sekarang pertanyaannya.. apakah pimpinan itu bisa mempunyai semuanya ini (ke 14 sifat-sifat) ?”
Peserta :”Ya.. enggak pak.. paling cuma 4 atau 6 sifat saja yang menonjol..”

Saya pikir ini sudah cukup, tapi coba kita chek lagi kepada peserta.. apa memang benar demikian adanya..

Saya :”Ok.. topik ini kita akhiri disini ya..? kalau ada pertanyan lebih lanjut, nanti bisa ditanyakan ke senior saya. Ok..?”
Peserta :”Ok pak.. lanjut..”

Hmmm.. ternyata ini loh sifat-sifat yang harus dipunyai oleh para pimpinan.. saya juga baru tahu.

Setelah presentasi, teman saya mengatakan “Dit.. tq ya.. aku lupa memasukkan itu di power poinku..”
AAuuu.. legalah saya.., ini loh.. namanya fokus pada hasil.. bukan pada ego pribadi masing-masing.. ini juga salah satu sifat pimpinan yang baik..

Saya jawab :”Mas.. kalo presentasiku tadi kurang tambahin saja..!!” gak apa-apa.. yang penting mereka pulang dari sini bisa menggenjot penjualan..”

Semoga tulisan saya ini membuat Anda ter Inspirasi.

Leave a Reply

