Mencari Calon Konsumen

Bapak ini (tepatnya disebut engkong/eyang kali yah..?) habis berlari-lari rupanya, keringatnya bercucuran.. Dari wajahnya kelihatan orang tionghoa, tapi dari warna kulit kog hitam ya..?
Engkong :”Sulamak siang pa.., owe A Liem, owe temannya A Wing, owe ada perlu..”
Saya :”Eh.. eh.. masuk dulu, duduk dulu.., minum dulu.. “
Engkong :”Saya sudah pensiun, tapi pesangon kecil.., anak saya dua, yang satu sudah kerja yang satu masih sekolah.. saya butuh uang..”
Saya :”Yah.. ternyata sama dong.. ha.. ha..”
Engkong :”Saya ada usaha alat pertanian, tapi rumah saya di kutisari surabaya, tidak ada tetangga teman atau saudara yang bergelut di bidang pertanian, bapak bisa bantu saya..?”

Pikiran saya melayang, saya jadi ingat bapak saya (84 tahun), mantan “pejoeang” bukan tentara, begitu bapak saya menyebut, padahal bapak saya tentara juga kan..? , alasannya kalau pejuang tidak digaji, kalau tentara sekarang ada yang motifnya untuk mencari uang (nafkah).Tiba-tiba rasa capek saya yang sudah 3 minggu ini merawat bapak di rumah sakit karena menderita stroke, hilang begitu saja..

Saya :”Owe ada waktu besok, sehalian penuh, engkong datang ke lumah owe pukul 8 pagi lebih 8 menit 8 detik.. buk telat.. ntik pulangnya pukul 8 malam lebih 8 menit 8 detik”
Engkong :”Wo ikut ni.. ya..?”
Saya :”Ya.. saya punya banyak teman petani di lakarsantri, kedamaian terus sampai ke Lamongan sana.., ada kurang lebih 12an petani, diantaranya ketua Gapoktan (gabungan kelompok tani)..”
Hmm saya melihat mata engkong menjadi berbinar-binar.. ada harapan..
Saya :”Malam ini, Engkong tidur yang nyenyak.., buk lupa besok ya.. salam balik untuk A Wing..”

Pagi itu jalan macet.. saya melamun.. kapan bapak saya bisa berjalan normal ya..? air mata saya menetes..

Engkong :”Pak, ini jalan sudah menuju ke Lamongan, kita mau kemana..?”
Saya :”Oooh.. ya sudah.. berhenti sesuka engkong saja..?”
Engkong :”Hooh..???”
Saya :”Coba tanya ke Encik yang di toko itu.. ketua gapoktan dusun ini namanya siapa..? terus rumahnya dimana.. nanti kita cari..”
Engkong :”Hooh..?? katanya bapak punya teman petani..?? bapak main-main..??”
Saya :”Coba engkong tilpon, tanya A Wing.. apakah Vdit pernah main-main..??, pasti dijawab hobinya itu emang main.. ha. ha.. tapi engkong, Vdit janji kita akan punya teman 12 orang hari ini”

Bla.. bla..setelah tiba di toko :
Saya :”Cik rumahnya ketua gapoktan dimana..?”
Encik :”Wah saya gak tahu koh.. tanya Kasun (Ketua Dusun) saja, rumahnya kasun depannya masjid biru.., kantornya ya dekat situ..”

Bla.. bla.. setelah dikantor Kasun
Saya :”Bapak kasun ada bu..?”
ibu :”Bapak pergi ke Surabaya, ada keperluan apa..?”
Saya :”Saya mau tanya, ketua gapoktan di dusun ini sekarang siapa..?”
IBu :”OOo.. itu loh.. namanya pak Alimin, rumahnya yang ada mobil biru..”

Bla.. bla.. setelah dirumahnya ketua gapoktan :
Alimin :”Terimaksih informasinya.. pak saya beli dua unit,,”
Saya :”Pak kira-kira yang butuh alat seperti ini siapa ya..? bapak bisa bantu saya..”
Alimin :”Begini saja pak.. bapak ke pak Haji Soleh alamatnya di xxx, no hp xxx, coba tak tilpun dulu ya..”
Alimin :”Terus tanggal 7 Agustus nanti bapak kesini ya.. saya kenalkan dengan anggota kelompok tani disini.. nanti bapak bisa menawarkan alatnya bapak..”

Bla.. bla.. setelah dirumahnya pak Haji Soleh
H Soleh :”Saya beli satu dulu, mau saya coba..”
Saya :”Pak kira-kira yang butuh alat seperti ini siapa ya.. bapak bisa bantu saya..”
H Soleh :” Saya punya teman ketua gapoktan di desa Sukoyo, sama di desa Menongo.., bapak ketemuan di masjid saja.. nanti biar teman saya yang menjemput bapak..”

Bla.. Bla.. dst, dst, akhirnya barang yang laku 5 unit, yang dikunjungi ada 7 orang, dan ada 8 petani lagi (2 diantaranya ketua gapoktan) yang harus dikunjungi minggu depan.. Plus diberikan 2 kesempatan untuk presentasi dihadapan puluhan petani minggu depan yaitu di desa Sukoyo dan Menongo Lamongan

Malam itu saya di undang makan di rumahnya engkong, istri engkong ternyata pintar masak mie ayam, dan putri sulung engkong yang bekerja di sebuah pabrik di sepanjang ternyata cantik..
Engkong :”Dulu saya kawinnya terlambat, mestinya saya sudah punya cucu.., sekarang.. anak saya, pacar saja belum punya..”
Saya :” Ahh masak..!! putrinya engkong bohong itu..!!”
Eh.. putrinya ngeloyor pergi masuk kamar sambil senyum-senyum.. aduh.. tambah cantik..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi

5 comments on “Mencari Calon Konsumen

  1. Bapak,
    saya sangat terinspirasi dengan cerita bapak diatas, saat ini saya merasa koq mengalami hal yang sama dengan engkong, saya sangat sulit menjual produk saya atau malah tidak bisa menjual produk, padahal kebutuhan operasional pribadi dan kantor semakin meningkat

    mohon pencerahan dari bapak ( kalo tidak keberatan he……he……he)

    thanx b4

    • kesulitan menjual dimananya..?, faktornya kan banyak tuh..? apa di kesulitan presentasi..?, meyakinkan orang..? mencari target konsumen..? motivasi..?, mengatasi keberatan (produk kita mempunyai kekurangan dibanding kompetitor).., mendeteksi kebutuhan, membuat sales script..? membuat adventage produk..? dll, lah jadi kesulitannya yang mana..?

  2. terima kasih sekali pak setidaknya cerita ringan di atas memberi saya motivasi untuk terus maju, moga2 akan ada banyak orang yang menggunakan jasa saya

  3. Ingin sekali berkonsultasi dengan bapak, saya sudah membaca tulisan2 bpk yang lainnya juga. Saya termasuk orang yang merasa kesulitan memasarkan produk yang saya jual. Saya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang penyedia alat2 penelitian. Saya adalah salah satu product spesialist dari alat yang dijual. Kebetulan baru belajar jualan juga, msh banyak kelemahan dan kekurangan dalam meyakinkan calon konsumen. Saya juga belum bisa menuliskan sales script yang baik itu seperti apa? mohon pencerahannya dari bapak..terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

