Cara Mengoptimalkan Sumber Daya

Ada sebuah perusahaan yang cukup besar di Surabaya, yang semua modalnya ditempatkan pada hulu, kemudian hilirnya mengandalkan kemitraan, namun realitanya mitra hilirnya loyo semua.. sudah pasti pusing.. bagaimana mengatasinya..? sudah pasti dibuatkan hilir yang kuat, di bawah ini ada dua kasus hampir serupa, miripnya cuma 40 %, tapi lumayan untuk memberikan gambaran bagaimana Prashetya Quality membantu menyelesaikan masalah diatas.

Kasus pertama adalah kasusnya teman main band saya, saya belum sempat ijin, tapi saya yakin beliau pasti memberikan ijin bila cerita ini dishare kepada pembaca solusibisnismu.wordpress.com

Teman saya ini membangun bisnis begitu saja, tanpa melakukan perhitungan sebelumnya.. kog bisa..? karena teman saya ini berangkatnya dari hobi, beli alat-alat band tidak langsung lengkap, melainkan di beli satu persatu, mula-mula beli keyboard, kalau saya pilih piano dulu, terus teman saya beli gitar melodi, saya juga, terus beli gitar bass, saya juga, terus beli drum, nah.. kalau saya stop sampai disisni, kalau teman saya malah terus membeli alat yang lain sampai beli sound system yang berkekuatan 500.000 an watt dan lengkaplah sudah.. Setelah itu teman saya berteriak “Hoiii… Vdit.. ini semua mau dikemanain..? ha.. ha..!!”

Saya mengusulkan untuk meningkatkan utilitas alat dulu supaya tidak menganggur..
1. Buat rumah studio, kemudian alat band ini disewakan pastinya banyak yang mau, di surabaya di wiyung bisa Rp 15.000,- s/d Rp 20.000,- per jam, itupun antriannya sampai 3 minggu.
2. Adakan kursus keyboard, gitar atau kursus band sekalian.
Teman saya : “Loh Vdit.. aku kan sibuk, profesiku itu bukan guru kursus musik..!!, musik adalah hobi..!!”
Saya :” Tahu-tahu.. heh.. Siapa bilang kamu yang jadi gurunya..?, kamu kan bisa panggil anak lulusan YASMI atau apa gitu, untuk menjadi guru kursusnya.. tugas kamu cari murid, menyediakan alat, dan ruangannya.. gitu..”
Teman saya :” OOOO… ha.. ha..”

Untuk nomor 2 ini bisa diperas lagi sehingga bisa menghasilkan bisnis baru caranya :
Kursus keyboardnya tidak untuk memburu sertifikat atau hobi setelah itu stop, namun tawarkan sebuah kursus menjadi pemain keybord profesional yang akhirnya siap untuk tampil di acara-acara pernikahan, ulang tahun dll, namun secara instan, mengapa harus instan..? karena saat ini ada keyboard canggih sehingga memungkinkan orang awam bisa bermain seperti seorang profesional, keyboard-keyboard berkemampuan tinggi ini mahal, sehingga mau tidak mau murid-murid lulusan sekolah musik ini akan menyewa keyboard plus sound sistemnya. Hal serupa lakukan juga untuk kursus band.. Agar ada kontak terus menerus dengan murid, buat komunitas, buat pertemuan untuk membahas perkembangan alat musik, tips dan trik baru bermain keyboard atau band, plus management artisnya sekalian. Jadi : sewa alat band laris manis dan bisa punya bisnis baru yaitu Event Organiser.

Tentu saja ide ini sulit untuk menjalankannya, belum sempat dijalankan dengan sempurna oleh beliau, beliau sudah di panggil pulang setelah pertandingan Belanda VS Spanyol, Inna lillahi wainna liahi rajiun. Saya doakan semoga segala amal baiknya diterima oleh Allah SWT dan diampuni dari segala dosanya. Bagi keluarganya semoga diberi ketabahan dan kekuatan. Selama ini beliau adalah orang yang kocak, tidak pernah sedih, baik dengan semua orang dan rendah hati.. selamat jalan Henry..

Kasus kedua adalah kasusnya paman saya (kalau di hitung-hitung masih paman), saya sudah mendapat ijin untuk dishare kepada para pembaca, makanya selalu simak solusibisnismu.wordpress.com, don’t go, always stay here.

Dulu waktu tahun 2002 sampai tahun 2006 an masih segar-segarnya profesi baru yang dinamakan dengan motivator bisnis public training, sebetulnya motivator bisnis no 1 di Indo waktu itu masih dipegang oleh Andri Wongso (sebelumnya Gan Ah Seng atau Camar kali..?) bahkan mungkin sampai sekarang, namun beliau lebih sering melakukan privat training. Oleh beberapa orang calon motivator bisnis, kesempatan ini betul-betul mereka manfaatkan, bahkan diantara mereka ada yang memberanikan diri untuk menjual rumah (padahal kedudukan mereka sudah manager semua loh..) untuk biaya menimba ilmu di amerika. kemudian setelah mereka lulus, mereka langsung menggebrak menjadi motivator bisnis publik, namun pasar pertama mereka adalah para member MLM. Dalam menggebrak pasar publik di Indo mereka bermitra dengan Event Organiser yang sudah berpengalaman.

Kalau Paman saya tidak cukup uang untuk belajar ke amerika.
Paman :”Jual rumahpun uangnya tidak mencukupi.. ha.. ha..”
Saya :”Terus..?”
Paman :”Kalau seandainya saya dapat sponsor.. Hmmm..?
Saya :”Saya hanya bisa turut berdoa.. Oom”

Akibatnya ketika para motivator itu sudah menggebrak di Indo melalui publik training, mulai Jakarta, Surabaya, Semarang dll, bahkan sampai pada putaran yang ke dua.. paman saya masih belum lulus.. masih belajar diluar negri.. ha.. ha.. dan ketika paman saya mengajukan proposal kepada 2 Event Organiser terkenal di negri ini, poposal paman saya di tolak habis-habisan.. ha.. ha.., padahal paman saya harus mengembalikan uang para sponsor..!!

Paman :”Gini aja dit.. aku akan mengadakan kursus entrepreneur “Bagaimana nikmatnya menjadi Event Organiser (E.O) ” “
Saya :”Terus..?”
Paman :”Mereka akan saya permudah, mereka tidak perlu cari publik speaker yang lain, sebagai E.O mereka cukup menghubungi saya saja..”
Saya :”OOO.. ooo.. jadi Oom mau membentuk beberapa Event Organiser, yang fungsinya untuk memperkenalkan Oom sendiri..?”

Ide yang cerdas dan ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan, hasilnya tidak terlalu mengecewakan (meskipun sudah agak kadaluarsa) di Semarang pesertanya mencapai, 3000an orang dst, dst…

Nah dari dua kasus inilah Prashetya Quality mempunyai inspirasi untuk membantu menyelesaikan perusaahan besar yang mitranya loyo itu…

Semoga tulisan saya ini membuat Anda ter Inspirasi

2 comments on “Cara Mengoptimalkan Sumber Daya

  1. Pingback: Cara Mengoptimalkan Sumber Daya | SOLUSI BISNIS & KARIR ANDA - Iklan Baris Gratis Langsung Laku

  2. Pingback: Cara Mengoptimalkan Sumber Daya | SOLUSI BISNIS & KARIR ANDA - Iklan Baris Online

Leave a Reply

