Mengenal Karakter Pembeli

Mengenal karakter dengan menggunakan cakram D I S C

Kalau saya menceritakan teman wanita, saya dikiranya banyak selingkuhan, kalau saya cerita teman laki-laki, dikira saya homo, hmm.. baiklah saya mau menceritakan rahasia keberhasilan usaha teman saya yang waria… netral kan…?

Saya pernah mendengarkan Johanes Lim di Radio pada “sesi cara menjual”, beliau mengatakan “Kalo Anda menjual kepada kambing jadilah Anda kambing, jangan menjadi macan sebab konsumen Anda akan takut, sebaliknya kalau Anda menjual kepada macan jadilah macan, jangan menjadi kambing sebab Anda akan di jadikan bulan-bulanan oleh konsumen Anda”.. Betul.. saya rasa betul.. apalagi kalau yang menjual ke pada kambing itu adalah srigala berbulu domba.. mantap..

Sementara Tanadi Santosa, mengatakan kalau mau menjual berperanlah sebagai lawan.. ibarat magnet kutub utara, hanya bisa menarik (plek) dengan magnet kutub selatan.. betul juga..!!

Lalu strategi apa yanng dipilih oleh teman waria saya ini…? Setelah mengobrol 30 menit.. belum ada gejala-gejala teman saya ini mau mengungkapkan rahasianya.., ya sudah saya pulang saja.. Uppss.. tetapi tangan saya ditarik.. dan saya disuruh duduk kembali. Hmm baiklah.. setelah pembicaraan berlangsung 20 menit, belum ada tanda-tanda beliaunya ini mau membuka rahasia suksesnya.. apalagi tamu-tamu sudah banyak berdatanngan.. ya sudah saya pulang saja.. Uppsss.. sekarang gantian kaki saya yang “di srimpet..” yah.. terpaksa duduk lagi dong..

Di bukunya bapak Tanadi Santosa Karakter Konsumen itu dibagi menjadi 4 bagian disebut dengan D I S C

D=Dominan
(+) Ambisius, Ego tinnggi, suka resiko,suka kemenangan, sekali jalan banyak hal bisa dikerjakan,berani debat,
(-)Keras kepala, tdk berpikir panjang,tdk sabaran,mengabaikan pendapat orang lain
I=Influence
(+)Inspiratif, Antusias, suka bersahabat, suka  memotivasi orang,
(-)Ceroboh, suka popularitas, terlalu peduli/persuasif,percaya orang lain, bosan ditengah jalan
S=Steadiness
(+)Setia, konsisten, suka mendengar, mengalah, pintar menilai orang, tenang
(-)Tidak suka debat, tidak mau menjadi pemimpin, tdk mau dikritik, susah adaptasi, bisa menyimpan dendam = selalu ingat kesalahan orang lain
C=Conscientiousness
(+)Serba sempurna, peka lingkungan karena curiga mulu, akurat,sangat rinci, orangnya rapi, sangat etis.
(-) Suka tunda keputusan, tidak peduli, terlalu tradisional,minta data telalu detail jadi lamban aksinya

Namun ada juga karakter konsumen yang baur, yaitu campuran antara D & I, atau C & S, dst.. kalau saya menilai diri sendiri, 70% ada di I dan 30% ada di D, ha.. ha.., kalau Anda dimana..?

Kemudian ketika kita sudah mengetahui karakter dari konsumen kita, apa yang harus dilakukan.?. tinggal kita sesuaikan saja perilaku kita dengan konsumen kita tadi, seperti yang dikatakan oleh Johanes Lim, sekaligus menjadi lawan magnetnya, seperti yang dikatakan oleh Tanadi Santosa.. Hmm ini adalah teori selling skill yang luar biasa…

Jadi gaya komunikasi kita dengan konsumen adalah sebagai berikut..:
Contoh Saat konsumen memilih baju di butik..:

D I S C
Bahasa Tubuh
Gesture
Jaga jarak ketika bicara
Aktif
Menatap mata
Mendekat saat bicara
Sikap ekpresif (mata, gaya
bahu, gerakan tangan)
Posisi santai
Gesture tenang,
Jangan terlalu banyak goyang
Pasif
Jaga jarak
Postur tegap
Tidak ada gesture
Menatap mata
Intonasi Suara Jelas, volume keras
Kuat
Langsung ke poin pembicaraan
Jangan pakai bahasa sastra
Antusias,
Pakai intonasi naik turun
Bersahabat
Pembicaraan bisa ngalor ngidul
Lembut
Volume sura rendah
Teratur alur logikanya
Intonasi datar
Penggunaan kata *Di surabaya ini hanya ada 1 atau orang yang berani bayar mahal untuk model sini
*Ini model terbaru
*Sekarang saja pak.. mumpung masih hangat
*Kalau pakai baju ini bapak kelihat keren deh
*Orang akan suka melihat ibu memakai baju ini
*Coba bapak rasakan sensasi ketika memaki baju ini
*Baju ini kita potong kemudian dirapikan sebelum kita jahit dobel
*Kami bedakan di tiap-tiap aksesorinya, kita buat tiga macam aksesori
*Ini cocoknya untuk malam hari dan bersifat formal, karena itu jangan dipadu dengan yang warna warni
*Ini ada dua baju silakan dibandingkan
*Sudah banyak yang pakai baju ini dan rata-rata pada suka
*Buat apa bapak nyoba-nyoba pakai bahan yang lain.. ini sudah dari dulu bapak cocok kog..

Ooo.. ternyata setelah duduk selama 3 jam, temanku ini tidak hanya memberikan rahasia sukses bisnisnya kepada saya, melainkan… “Terimakasih banyak ya..!!, aku tidak hanya diberi ilmu saja, tapi hari ini aku langsung diberikan contoh praktek kongkret secara gamblang, bagaimana cara berkomunikasi dan melayani tamu-tamu yang mau membeli baju.., sekarang  saya mau pulang ya..!!”, tapi Uppsss… kunci mobil saya dimana ya..? Hmm.. dasar dari dulu kelakuan teman saya ini tidak pernah berubah.. ha.. ha…

Cara berkomunikasi seperti ini sangat dikuasai oleh Beliaunya,  teman saya ini mirirp artis yang namanya Dorce Gamalama.., kalau ketemu pembeli laki laki dia bisa langsung ber adaptasi, begitu pula ketika bertemu dengan tamu perempuan dia langsung bisa menyesuaikan.. inilah kehebatan teman saya ini..

Ooo ya.. bagaimana caranya mengenal apakah konsumen ini tipe D atau I atau S secara cepat..?  sehingga kita langsung bisa menjalin komunikasi yang cocok dengan konsumen tersebut..? ya tentunya dengan belajar dan terus berlatih.. namun ada juga tanda-tanda dari gesture yang bisa kita deteksi secara cepat dan ada banyak cakram selain cakarm D I S C, seperti Kolerik, Melankolis dll,  next post ya..! sebab saya harus mengantar  tamu ke Juanda..

Karena saya lebih condong ke I, maka tulisan saya ini agak ngalor ngidul.., mohon maaf bila Anda adalah orang di D ataupun di S, sebab post ini kan tidak bisa adaptive.. ha.. ha..

Semoga tulisan saya membuat Anda ter Inspirasi..

One comment on “Mengenal Karakter Pembeli

Leave a Reply

